Sejarah Singkat Peradaban Yunani Kuno

Sejarah Peradaban Yunani Kuno – Munculnya peradaban Yunani bermula dari kerajaan Kreta yang menguasai hampir segala kota-kota perdagangan penting Yunani dan wilayah-wilayah lain di sekitar Laut tengah pada sekitar 1250 sm. Salah satu kota pusat perdagangan yang merupakan kloni kerajaan Kreta ialah Mycenae. Setelah Kereta runtuh, kota pelabuhan Mycenae menggantikan peranan kerajaan Kereta.

Keadaan Geografis Yunani Kuno

Letak geografis Yunani Berlokasi di Ujung Selatan Semenanjung Balkan. Selain di daratan hal yang demikian wilayahnya juga meliputi pulau di Laut Aegeia. Batas-batas Yunani sekarang ini di utara berbatasan dengan Albania, Macedonia, Bulgaria dan Turki, di timur ialah Laut Aegeia, di selatan ialah Laut Tengah dan di barat ialah Laut Ionia

beberapa besar wilayah Yunani pegunungan sehingga antar wilayah terpisah antara satu dengan yang lain. Pegunungan dan teluk-teluk di Yunani yang tak terhitung banyaknya pada waktu itu menghalangi komunikasi melalui darat. Lembah-lembah dan daratan rendah yang terpisah-pisah merupakan unit geografis dan ekonomi yang bersifat alami, dan menjadi pemisah kesatuan unit politik. 

Kesatuan politik itu disebut Polis dan Negara Kota (City State) yang wilayahnya meliputi kota itu sendiri dan daerah sekitarnya. Tanah Yunani yang bergunung-gunung pada umumnya kurang subur. Di lereng pegunungan masyarakat bisa menanam gandum serta anggur. Untuk mencari daerah yang subur maka para petani (disebut Colonus) meninggalkan negerinya dan mendirikan daerah koloni di sekitar Yunani.

Selain kegiatan pertanian, masyarakat Yunani juga mengembangkan perekonomian melalui kegiatan pelayaran dan perdagangan. karena letaknya yang strategis di perairan Laut Tengah. Bangsa Yunani merupakan campuran antara penduduk asli dan pendatang yang berasal dari padang rumput sekitar Laut Kaspia. Mereka termasuk Ras Indo Jerman yang disebut bangsa Hellas yang gagah berani. Mereka berimigrasi sejak tahun 1400 Sebelum Masehi, kemudian menetap di bermacam-macam daerah.

Suku bangsa Doria menetap di jazirah Peloponesos dengan polis utamanya Sparta. Suku bangsa Ionia menetap di jazirah Attica dengan polis utamanya Athena. Suku bangsa Aeolia menetap di Yunani Utara dengan polis utamanya Delphi. Kehidupan masyarakat Yunani yang mendiami wilayah beriklim mediteran yang senantiasa hangat dan segar memungkinkan bersikap optimis dan berwatak riang. Suasana langit yang terang tanpa banyak awan di daerah Attica (Athena) juga menyebabkan semangat penduduknya tinggi dan kreasinya menonjol.

Sistem Politik Pemerintahan Yunani Kuno

Sistem pemerintahan Yunani Kuna sungguh-sungguh beragam.hal ini disebabkan karena masing-masing wilayah (Negara Kota atau Polis) mempunyai sistem pemerintahan sendiri-sendiri.Diantara polis-polis hal yang demikian, polis Sparta dan Athena ialah yang paling terkenal, Peradaban Yunani Kuno. Tata pemerintahan Sparta diperoleh dari Lycurgus (900 SM) yang mempunyai sifat aristokrasi militer, dimana kaum bangsawan mempunyai peran sentral dalam pemerintahan.

Pemimpin pemerintahan dipegang oleh dua orang raja yang masing-masing sama-sama mempunyai pasukan. Dalam menjalankan pemerintahan mereka dibantu oleh dewan penasehat yang beranggotakan para orang tua (ephorus) yang berpengaruh.

Sementara tata pemerintahan Athena digariskan oleh Solon (600SM) yang mempunyai sifat oligarkis-demokratis. Pemerintahan berada ditangan orang-orang yang dianggap mulia. Tetapi kekuasaan tertinggi berada ditangan rakyat melalui pemilu langsung. Selain Solon, negarawan terkenal lainnya ialah Pericles (460-429) dalam masa pemerintahannya, untuk menjaga keamanan dan stabilitas negara.

Ia mengadakan perjanjian-perjanjian dengan negara atau kerajaan luar, seperti yang pernah dijalankan dengan Persia (448SM) Dan Sparta (446SM) untuk mensejahterakan rakyat, diatur beberapa kebijakan khusus yang terkait dengan sistem perdagangan. Dengan adanya pengaturan hal yang demikian telah menjadikan Athena sebagai pusat perdagangan terkenal di laut tengah. Kedua corak pemerintahan beberapa negara modern sekarang dengan sebutan dictator militer dan demokrasi parlementer.

Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Yunani Kuno

Yunani telah melahirkan beberapa spesialis dalam bidang ilmu pengetahuan yang terkenal, seperti:

1. Herodotus (484-425 SM) yang dianggap sebagai Bapak sejarah dunia.

2. Tucydides (460-393 SM), seorang spesialis sejarah yang menulis buku tentang

3. Pythagoras (750-500SM), spesialis dalam ilmu pasti atau matematika.

4. Archimedes (287-212 SM) ilmuwan yang menemukan hukum Archimedes.

5. Claudius Ptolomues (spesialis ilmu Falak)

Sastra Yunani Kuno

Karya sastra terkenal Yunani Kuno diantaranya ialah llliyas dan Odysse, yang keduanya berisi cerita kepahlawanan dan ditulis oleh Homerus pada sekitar abad ke-8 SM. llliyas menceritakan tentang peperangan yang terjadi antara Yunani dan Troya yang berlangsung selama 51 hari. Perang ini disebabkan oleh penculikan yang dijalankan putra mahkota Troya yang bernama Paris atau permaisuri Helena dari Sparta. Sementara Odysse mengisahkan perjalanan kembali tentara Yunani dari perang Troya. Kisah perjalanan hal yang demikian merupakan kisah 40 hari dari 10 tahun peperangan Yunani melawan Troya.

Filsafat Yunani Kuno

Dalam bidang filsafat,Yunani telah melahirkan nama tokoh-tokoh filsuf besar dunia yang pengaruh pemikirannya senantiasa hidup hingga ketika sekarang karena menjadi rujukan bagi perkembangan ilmu pengetahuan bagus di Timur ataupun Barat.

  1. Socrates(469-399 SM)terkenal dengan ajarannya tentang ilmu kebijakan dengan mendasarkan pada logika piker.
  2. Plato (427-346 SM) terkenal dengan ajarannya tentang ilmu tatanegara dan undang-undang.
  3. Aristoteles (384-322 SM)terkenal dengan ajarannya tentang ilmu biologi
  4. Hipokrates yang terkenal dengan ajarannya yang terkait denan kode etik kedokteran.
Sejarah Singkat Peradaban Yunani Kuno

Raphael School of Athens/wikibooks.org

Seni Bangunan Yunani Kuno

Terinspirasi akan kepercayaan pada dewa-dewa,bangsa Yunani terdorong untuk membuat bangunan-bangunan indah sebagai monumen.diantarannya yang terkenal ialah kuil Acropolis dan Parthenon yang Berlokasi di kota Athena.bangunan kuil terkenal lainnya ialah kuil Zeus di bukit Olympus.

Sistem Kepercayaan dan Budaya Yunani Kuno

Kepercayaan yang bersifat politeisme. Bangsa Yunani mempercayai dan menyembah dewa-dewa yang merekla gambarkan sebagai manusia biasa tetapi lebih sempurna. Dewa terbesar dalam kepercayaan mereka ialah Zeus yang menguasai langit dan bumi serta bertahta dibukit Olympus. Kepercayaan akan adanya manusia setengah Dewa

Manusia setengah dewa yang dimaksud dalam kepercayaan Yunani kuna ini umumnya mengacu pada para perwira-perwira tertentu yang mempunyai kesaktian tertentu, Sejarah Singkat Peradaban Yunani Kuno. Seperti Paris (penyulut terjadinya perang Troya), Achille, pahlawan Sparta yang berhasil membunuh Hector (pahlawan dari Troya), Theseuis yang berhasil membunuh Minotaurus.

Kepercayaan akan ramalan Delphi

Delphi ialah nama tempat tinggal beberapa dewa.bila masyarakat akan Menjalankan sesuatu yang besar, mereka akan datang terlebih dahulu ke Delphi untuk memperoleh ramalan.

Hellenisnme

Merupakan pencampuran antara kebudayaan Yunani dan kebudayaan Timur. Kebudayaan Yunani yang bernilai Agung. Kebudayaan itu kemudian berpadu dengan kebudayaan Mesir, Babylon, India, sehingga timbullah Hellenisme yang bersifat Universal

DAFTAR PUSTAKA

Supriatna, Nana. 2006. Sejarah SMA Untuk kelasX.Yogyakarta: Penerbit Amara

Http://www. pembelajaranilmusejarah.blogspot.com/…/normal-0-fa…