Sejarah Singkat Agresi Militer Belanda I

Sejarah Singkat Agresi Militer Belanda I – 21 Juli 1947 Belanda melancarkan serangan secara serentak ke pulau Jawa dan Sumatra. Republik Indonesi menyebut serangan ini sebagai Agresi Militer Belanda yang pertama. Meskipun pihak Belanda menyebut aksi agresinya sebagai “Operasi Produk” karena serangan ini ditujukan pada target yang bersifat ekonomis. Agresi ini dipimpin oleh seorang mantan perwira KNIL, yaitu Letnan Jendral Simon M. Spoor.

hakekatnya pada 20 juli 1947, dikala tengah malam Belanda mulai melancarkan aksinya dengan menggerakkan pasukan dari Jakarta ke Bandung untuk menduduki Jawa Barat, dan dari Surabaya untuk menduduki Madura. target Belanda di fokuskan pada daerah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Sumatra Utara.

Di Jawa Tengah Belanda berhasil menguasai wilayah pantai Utara. Di Jawa Timur Belanda lebih memusatkan pada perkebunan tebu dan pabrik gula. Meskipun di Sumatra Utara belanda mengincar perkebunan Tembakau. 

Agresi militer belanda i terjadi pada tanggal

Agresi militer belanda i terjadi pada masa pemerintahan kabinet

Agresi militer belanda i terjadi pada tahun

Agresi militer belanda i dan ii

Agresi militer belanda i tanggal

Agresi militer belanda i merupakan bukti pelanggaran belanda kepada isi perundingan

Perjanjian renville

Agresi militer belanda ii dilancarkan pada tanggal

Belanda memang menginginkan untuk merebut daerah-daerah yang mempunyai sumber daya alam yang kaya. Dalam pembelaannya kepada Dunia Intersional, melalui radio Van Mook mengatakan bahwa agresi ini sebagai aksi polisionil dan urusan dalam negeri.

Beberapa hal yang membuat Belanda berhasil menguasai beberapa wilayah Indonesia merupakan :

  • Belanda mempunyai persenjataan yang lebih canggih dari pasukan Indonesia
  • Pasukan Indonesia terpecah belah akibat agresi Belanda
  • Pasukan Indonesia kehilangan koordinasi dengan pemimpin mereka karena komunikasi diputus oleh Belanda
  • Masih banyak rakyat yang belum bisa bekerja sama dan membantu pasukan untuk mengusir musuh bersama-sama
Akhirnya pasukan Indonesia mulai bisa Melaksanakan konsolidasi dan berusaha membangun daerah-daerah pertahanan baru. Dengan taktik gerilya, kekuasaan dan pergerakan Belanda bisa dibatasi, hanya di kota-kota besar. Meskipun di tempat lainnya kekuasaan berada di tangan republik.
Sejarah Singkat Agresi Militer Belanda I

Agresi Militer Belanda I mengundang reaksi dunia. India dan Australia mengajukan usul agar masalah Indonesia dibicarakan dalam Dewan Keamanan PBB. Usul ini diterima oleh PBB sehingga pada 1 Agustus 1947 Dewan Keamanan PBB memerintahkan agar peperangan ini di hentikan. Tiga hari kemudian, Indonesia dan Belanda mengumumkan gencatan senjata. Sehingga pada tanggal 4 Agustus 1947 Agresi Militer Belanda I berakhir. 

DAFTAR PUSTAKA

Drs. Anwar Kurnia. 2009. IPS Terpadu SMP kelas IX. Yudhistira

http://www.bimbie.com/agresi-militer-belanda.htm

http://id.wikipedia.org/wiki/Agresi_militer_belanda_i