Sejarah Sepak Bola

Sejarah Asal Usul Sepak Bola, Sepak bola yaitu olahraga menggunakan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 (sebelas) orang. Memasuki abad ke-21, olahraga ini telah dimainkan oleh lebih dari 250 juta orang di 200 negara, yang menjadikannya olahraga paling populer di dunia. Sepak bola bertujuan untuk mencetak gol sebanyak-banyaknya dengan menggunakan bola kulit ke gawang lawan. Sepak bola dimainkan dalam lapangan yang berbentuk persegi panjang, di atas rumput atau rumput sintetis.


Sejarah Asal Usul Sepak Bola
Sejarah Sepak Bola
Secara awam hanya penjaga gawang saja yang berhak menyentuh bola dengan tangan atau lengan di dalam daerah gawangnya, Meskipun 10 (sepuluh) pemain lainnya hanya diijinkan menggunakan seluruh tubuhnya selain tangan, biasanya dengan kaki untuk menendang, dada untuk memegang, dan kepala untuk menyundul bola. Tim yang mencetak gol lebih banyak pada akhir pertandingan yaitu pemenangnya. seandainya hingga waktu berakhir masih berakhir imbang, maka bisa dikerjakan undian, perpanjangan waktu ataupun adu penalti, tergantung dari format penyelenggaraan kejuaraan.
Sejarah Sepak Bola, hukum pertandingan secara awam diperbarui tiap-tiap tahunnya oleh induk organisasi sepak bola internasional (FIFA), yang juga menyelenggarakan Piala Dunia tiap-tiap empat tahun sekali.
A. Sejarah Sepak Bola
Dimulai dari sejak peradaban kuno Romawai, Cina dan Yunani, berdasarkan sejarah sepak bola yang pernah ditelusuri bahwa dari peradaban hal yang demikian sejarah sepak bola dimulai. Permainan bola ini dikerjakan dengan cara menggiring bola oleh pemain menuju suatu target. Pada abad pertengahan, sepak bola kemudian dimainkan dengan jumlah pemain yang tak terbatas. Bola yang dipakai dalam permainan sepak bola hal yang demikian yaitu terbuat dari kulit hewan atau usus. Di abad ke-20, permainan sepak bola kemudian mulai mempunyai hukum-hukum yang resmi untuk bisa menciptakan permainan yang bisa dinikmati oleh masyarakat dunia. Sejarah olahraga sepak bola dimulai sejak abad ke-2 dan -3 sebelum Masehi di Cina. Di masa Dinasti Han hal yang demikian, masyarakat menggiring bola kulit dengan menendangnya ke jaring kecil. Permainan serupa juga dimainkan di Jepang dengan sebutan Kemari. Di Italia, permainan menendang dan membawa bola juga digemari terpenting mulai abad ke-16.
Nah tahukah kamu bahwa pada sejarah sepak bola terdapat perkembangan permainan sepak bola yang dirasakan sekarang? hukum apa saja yang wajib diperhatikan didalamnya? Permainan sepak bola ketika ini merupakan sepak bola modern yang telah mengikuti hukum-hukum yang resmi. Para pemain akan dituntut untuk bisa mengetahui hukum dan bisa menguasai tekhnik bermain sepak bola yang handal agar bisa Melaksanakan teknik bermain sepak bola yang bagus.
Sejarah sepak bola terbagi atas dua bagian dimana ada sejarah sepak bola kuno dan sejarah sepak bola modern yaitu:
Sejarah Sepak bola kuno
Sejarah sepak bola kuno dimulai disebuah negara yang bernama china dimana lebih tepatnya berada di masa dinasti Han yaitu ada sekitar abad kedua atau ketiga sebelum penanggalan masehi. Permainan sepak bola hal yang demikian yang ada dizaman itu menggunaan bola kulit dan untuk memasukkan bolanya pun betul-betul sulit digawang karena mesti memasukkan bola pada jaring yang kecil. Olahraga sepak bola ini dihadirkan oleh orang-orang pada ketika itu agar para tentara china tetap terlatih fisiknya dan sekaligus menjadi hiburan ketika ada perayaan ulang tahun kaisar, adapun permainan sepakbola yang ada pada ketika itu disebut sebagai tsu chu.
Selanjutnya masih tetap pada sejarah sepak bola kuno dimana permainan sepak bola yang tenar di China ini ternyata juga menjadi bagian permainan dari warga jepang dimana permainan hal yang demikian dengan cara menggiring bola yang terbuat dari kulit kijang yang permainan sepak bolanya disebut sebagai “kemari”. Permaianan sepak bola semacam ini kemudian ditemukan dinegara seperti Romawi, Inggris, Meksiko, Amerika Tengah hingga ke Mesir Kuno yang telah Melaksanakan permainan sepak bola dengan menggunakan bola yang terbuat dari karet.
Kemudian ada sejarah sepak bola kuno yang menarik pada masa Raja Edward di Inggris, dimana sempat timbul pelarangan kepada permainan sepak bola ini karena begitu banyaknya tindakan kekerasan yang mengarah pada tindakan brutal yang tak mempunyai aturan yang begitu terang, akan tetapi pada tahun 1369 Raja Edward III kemudian mencabut larangan hal yang demikian dan kembali mengizinkan permainan sepak bola, akan tetapi ternyata lambat laun permainan sepak bola ini kembali lagi mendapat larangan oleh ratu Elizabeth I di tahun 1572. Pelarangan hal yang demikian dikeluarkan tanpa ada kompromi dengan disertai sanksi keras yang dimana barang siapa Melaksanakan permainan sepak bola ini kembali maka akan dihukum penjara kepada rakyat yang masih nekat dalam bermain sepak bola.
Hingga akhirnya angin segar berhembus pada akhir tahun 1680 an, Raja Charless II segera mencabut larangan hal yang demikian dan sekaligus memberikan perlindungan kepada siapapun yang ingin Melaksanakan permainan sepak bola di Inggris.
Sejarah Sepak bola modern
Sejarah sepak bola modern dimulai di Inggris. Ditandai dari berdirinya Organisasi yaitu Football Association melalui pertemuan 11 wakil dari perkumpulan sepak bola yang ada Inggris di Football Association Freemason’s Tavern (london-inggris). Pada pertemuan ini ditetapkan seri hukum tunggal bermain sepak bola. Kemudian, hukum hal yang demikian diikuti oleh asosiasi sepak bola wales, Skotlandia, dan Irlandia. Selanjutnya, keempat asosiasi hal yang demikian akan membentuk International Football Association Board (IFAB) untuk bisa mengoordinasi hukum sepak bola dunia.
Sejalan dengan perkembangan dan kemajuan persepakbolaan dunia, maka lahirlah Federation International de Football Association (FIFA). FIFA berdiri di Paris, Prancis pada 21 Mei 1904. Sebuah pertemuan yang telah digagas oleh dua tokoh sepak bola yaitu Henry Delaunay dan Jules Rimet hal yang demikian kemudian dihadiri oleh tujuh negara yaitu Denmark, Spanyol, Swedia, Swiss, Belgia dan belanda. Negara-negara hal yang demikian kemudian ditetapkan menjadi anggota FIFA yang pertama dimana diketuai oleh Robert Guerin yang berasal dari Prancis. Kejuaraan sepak bola yang ada pada ketika itu masih tergolong dalam lingkup olimpiade, namun kenggotaannya terus bertambah.
Adapun daftar peristiwa penting perjalanan sejarah sepak bola modern berdasarkan tahun: 
  • Pada tahun 1863 terbentuk Asosiasi sepak bolag Inggris 
  • Pada tahun 1885 terdapat pertandingan di luar wilayah inggris yaitu Kanada melawan Amerika 
  • Pada tahun 1886, diadakanlah rapat secara pertama kali dengan agenda membahas penyusunan kelompok yaitu Asosiasi sepak bola dunia. 
  • Pada tahun 1888, terdapat aturan dimana wasit sudah mulai memegang penuh kendali dalam pertandingan. 
  • Pada tahun 1904, FIFA terbentuk di Prancis dengan beranggotakan Swedia, Swiss, Spanyol, Belanda, Belgia dan Prancis. 
Pada tahun 1904 akhirnya FIFA berdiri yang ditugaskan untuk bisa memajukan sepak bola dunia dengan mempunyai slogan “For The Game, For The World” yang berarti permainan sepak bola akan menjadi sebuah pemersatu antar bangsa Setelah perang dunia. Markas FIFA Berlokasi di Zurich, Swiss dimana merupakan tempat teman-teman bisa menyaksikan kegiatan yang dilaksanakan oleh FIFA Misalnya pengundian liga champion, pemberian gelar pemain terbaik dan lain-lain. Kemudian adapun tugas yang dimiliki oleh FIFA yaitu mempromosikan sepak bola, Melaksanakan pengaturan transfer pemain dari tim ke tim yang lain, memutuskan gelar pemain terbaik dunia, dan mempublikasikan daftar peringkat dunia FIFA pada tiap-tiap bulannya.
Nah, sejarah sepak bola dunia kemudian terus berlanjut terus dimana pada tahun 1908 dimasukkan permainan sepak bola dalam Olimpiade dan Melaksanakan kegiatan kejuaraan dunia pertama untuk permainan sepak bola atau Piala dunia di Uruguay pada tahun 1930an. Terdapat hal yang unik diluar dari teknis permainan sepak bola yang mesti dicatat yakni adanya keberhasilan BBC yang menjadi stasiun televisi pertam yang berhasil menayangkan permainan sepak bola di tahun 1938 dan Pada tahun 1966, digunakannya fitur replay pada tiap-tiap gol yang terjadi di siaran TV.
Permainan sepak bola, pada sepanjang sejarah sepak bola memang menjadi sarana hiburan yang paling banyak digemari oleh orang-orang di dunia. Hal itulah yang membuat FIFA kemudian memperlebar sayap sehingga membentuk beberapa badan asosiasi regional yang terdiri atas beberapa negara seperti berikut ini: 
  • UEFA atau yang disingkat Union of European Football Associations yang merupakan suatu kelompok atau asosiasi sepak bola mencakup negara-negara Eropa. 
  • CONCACAF atau yang disingkat The Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football yang merupakan sebuah kelompok atau asosiasi sepak bola yang menaungi negara-negara yang ada di Amerika Tengah, Karibia dan Amerika Utara, 
  • CONMEBO atau yang disingkat dari Confederacion Sudamericana de Futbol yang merupakan suatu kelompok atau asosiasi sepak bola yang menaungi negara-negara Asia. 
  • CAF yang hasil singkatan dari Confederation of African Football yang merupakan kelompok atau asosiasi sepakbola untuk menaungi negara-negara yang ada di benua Afrika. 
  • OFC hasil singkatan dari Oceania Football Confederation yang merupakan asosiasi sepak bola yang menaungi negara oceania. 
Itulah perjalanan sejarah sepak bola dunia, tentunya tak lengkap ketika kita sudah membahas sejarah sepak bola dunia namun tak membahas sejarah sepak bola indonesia. Olehnya itu, sebagai orang Indonesia mesti mengetahui seperti apa sejarah sepak bola Indonesia?
B. Sejarah Masuk Sepak Bola Ke Indonesia
Sejarah sepak bola di Indonesia dimulai dengan berdirinya Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta pada 19 April 1930 dengan pimpinan Soeratin Sosrosoegondo. Dalam kongres PSSI di Solo, organisasi hal yang demikian mengalami perubahan nama menjadi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia. Sejak ketika itu, kegiatan sepak bola semakin sering digerakkan oleh PSSI dan makin banyak rakyat bermain di jalan atau alun-alun tempat Kompetisi I Perserikatan diadakan. Sebagai format dukungan kepada kebangkitan “Sepakbola Kebangsaan”, Paku Buwono X mendirikan stadion Sriwedari yang membuat persepakbolaan Indonesia semakin gencar.
Sepeninggalan Soeratin Sosrosoegondo, prestasi tim nasional sepak bola Indonesia tak terlalu memuaskan karena pembinaan tim nasional tak diimbangi dengan pengembangan organisasi dan kompetisi. Pada era sebelum tahun 1970-an, beberapa pemain Indonesia sempat bersaing dalam kompetisi internasional, di antaranya Ramang, Sucipto Suntoro, Ronny Pattinasarani, dan Tan Liong Houw. Dalam perkembangannya, PSSI telah memperluas kompetisi sepak bola dalam negeri, di antaranya dengan penyelenggaraan Liga Super Indonesia, Divisi Utama, Divisi Satu, dan Divisi Dua untuk pemain non amatir, serta Divisi Tiga untuk pemain amatir. Selain itu, PSSI juga aktif mengembangkan kompetisi sepak bola wanita dan kompetisi dalam kelompok umur tertentu (U-15, U-17, U-19,U21, dan U-23)
c. Lapangan Permainan Sepak Bola
Ukuran lapangan standar
1.         Ukuran: panjang 100-110 m x lebar 64-75 m
2.         Garis batas: garis selebar … cm, yakni garis sentuh di sisi, garis gawang di ujung-ujung, dan garis melintang tengah lapangan; … m lingkaran tengah; tak ada tembok penghalang atau papan
3.         Daerah penalti: busur berukuran 18 m dari tiap-tiap pos
4.         Garis penalti: … m dari spot tengah garis gawang
5.         Garis penalti kedua: … m dari spot tengah garis gawang
6.      Zona pergantian: daerah … m (… m pada tiap-tiap sisi garis tengah lapangan) pada sisi tribun dari pelemparan
7.         Gawang: lebar 7 m x tinggi 2,5 m
8.         Permukaan daerah pelemparan: halus, rata, dan tak abrasive
C.      hukum resmi sepak bola yaitu
•           Offside
•           Pelanggaran
•           Tendangan Bebas
•           Tendangan penalti
•           Lemparan Dalam
•           Tendangan Gawang
•           Tendangan Sudut
Selain hukum-hukum di atas, keputusan-keputusan Badan Asosiasi Sepak bola Internasional (IFAB) lainnya turut menambah hukum dalam sepak bola. hukum-hukum lengkapnya bisa ditemukan di situs web FIFA.
D.   Teknik Dasar Permainan Sepak bola
Untuk bermain bola dengan bagus pemain dibekali dengan teknik dasar yang bagus. Pemain yang mempunyai teknik dasar yang bagus pemain hal yang demikian cenderung bisa bermain sepakbola dengan bagus pula. Beberapa teknik dasar yang perlu dimiliki pemain sepakbola yaitu Menendang ( kicking ), Menghentikan atau memegang ( stoping ), Menggiring ( dribbling ), Menyundul ( heading ), Merampas ( tacling ), Lemparan Kedalam ( trow – in ) dan Menjaga Gawang ( Goal Keeping ). Dibawah ini akan dijelaskan beberapa teknik Menendang, Menghentikan, dan Mengiring bola dalam permainan Sepakbola.
1. Menendang (kicking)
Menendang bola merupakan salah satu karakteristik permainan sepakbolayang paling dominan. Tujuan utama menendang bola yaitu untuk mengumpan ( passing ), dan menembak kearah gawang ( shootig at the goal ). Dilihat dari perkenaan bagian kaki ke bola, menendang dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu Menendang dengan kaki bagian dalam, Menendang dengan kaki bagian luar, dan menendang dengan punggung kaki.
a.    Menendang dengan kaki bagian dalam
Pada umumnya teknik ini digunakan untuk mengumpan jarak pendek. analitik geraknya yaitu sebagai berikut :
      Badan menghadap target di belakang bola.
   Kaki tumpu berada disamping bola kurang lebih 15 cm, ujung kaki menghadap target, lutut sedikit ditekuk.
      Kaki tending ditarik kebelakang, dan ayunkan ke depan.
      Setelah terjadi benturan dilanjutkan dengan Follow trow, (gerakan lanjutan).
b.    Menendang dengan kaki bagian luar
Pada umumnya teknik menendang dengan kaki bagian luar digunakan untuk mengumpan jarak pendek. analitik geraknya sebagai berikut :
      Posisi badan dibelakang bola, kaki tumpu disamping belakang bola 25 cm,
      Ujung kaki menghadap kesasaran, dan lutut sedikit ditekuk.
      Kaki tendang berada di belakang bola, dengan ujung kaki menghadap
kedalam.
      Kaki tending ditarik kebelakang dan ayunkan kedepan.
      Perkenaan bola tepat di punggung kakibagian luar, dan tepat pada tengah –tengah bola.
      Gerakan lanjutan kaki tending diangkat serong kurang lebih 45 derajat
menghadap target.
c. Menandang dengan punggung kaki
Pada umumnyamenendang dengan punggung kaki digunakan untuk menembak ke gawang atau shooting. analitik gerakanya sebagai berikut :
      Badan dibelakang bola sedikit condong kedepan, kaki tumpu diletakkan di samping bola dengan ujung kaki menghadap kesasaran, kaki sedikit
      Ditekuk. Kaki tending berada di belakang bola dengan punggung kaki menghadap kedepan / target.
     Kaki tending tarik ke belakang dan ayunkan kedepan hingga mengenai bola. Perkenaan kaki pada bola tepat pada punggung kaki penuh dsan tepat pada tengah – tengah bola.
      Gerakan lanjut kaki tending diarahkan dan di angkat kearah target.
  2. Menghentikan Bola (Stopping)
Menghentikan bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan sepakbola yang penggunaanya bersamaan dengan teknik menendang bola. Tujuan menghentikan bola yaitu untuk memegang bola, yang termasuk didalamnya yaitu untuk mengatur tempo permainan, mengalihkan laju permainan, dan memudahkan untuk passing.
analitik gerakanya sebagai berikut :
      Posisi badan segaris dengan datangnya bola.
      Kaki tumpu mengarah pada boladengan lutut sedikit ditekut.
      Kaki penghenti diangkat sedikit deengan permukaan bagian dalam kakidijulurkan kedepan segaris dengan datangnya bola.
      Bola menyentuh kaki persis dibagian dalam/mata kaki.
      Kaki penghenti mengikuti arah bola.
Untuk teknik menghentikan bola masih terdapat banyak cara yang bisa dikerjakan diantaranya yaitu menggunakan Punggung kaki, Paha, Dada, serta Kepala apabila memungkinkan.
3. Menggiring Bola
Pada dasarnya menggiring bola yaitu menendang terputus – putus atau pelan, oleh karenanya bagian kaki yang dipergunakan dalam menggiring bola sama dengan bagian kaki yang dipergunakan untuk menendang bola. Menggiring bola bertujuan antara lain untuk mendekati jarak kesasaran, melewati lawan, dan menghambat permainan.
Dibawah ini akan di jelaskan mengenai posisi tubuh ketika menggiring bola dengan menggunakan kaki bagian dalam :
         Posisi kaki menggiring bola sama dengan posisi menendang bola.
         Kaki yang digunakan untuk menggiring bola tak ditarik kebelakang hanya diayunkan kedepan.
         Diupayakan tiap-tiap melangkah, secara teratur bola disentuh/ didorong bergulir kedepan. Bola bergulir wajib senantiasa dekatdengan kaki agar bola bisa dikuasai
         Pada waktu menggiring bolakedua lutut sedikit ditekuk untuk mempermudah penguasaan bola.
         Pada ketika kaki menyentuh bola, pendangan ke arah bola dan selanjutnya memandang situasi kelapangan.
E.   Taktik Permainan
Taktik yang biasa dipakai oleh klub-klub sepak bola yaitu sebagai berikut: 4-4-2 , 4-3-2-1 , 4-5-1 , 3-4-3 , 3-5-2 , 4-3-3
Taktik yang dipakai oleh sebuah tim senantiasa berubah tergantung dari dianalisa yang terjadi selama permainan berlangsung. Pada intinya ada tiga taktik yang digunakan yaitu; Bertahan, Menyerang dan Normal.
F.  Ofisial
Sebuah pertandingan diperintah oleh seorang wasit yang mempunyai “wewenang penuh untuk menjalankan pertandingan layak hukum Permainan dalam suatu pertandingan yang telah diutuskan kepadanya” (hukum 5), dan keputusan-keputusan pertandingan yang dikeluarkannya dianggap sudah final. Sang wasit dibantu oleh dua orang asisten wasit (dulu dipanggil hakim/penjaga garis). Dalam banyak pertandingan wasit juga dibantu seorang ofisial keempat yang bisa menggantikan seorang ofisial lainnya seandainya dibutuhkan.
G.   Tim
tiap-tiap tim maksimal mempunyai sebelas pemain, salah satunya haruslah penjaga gawang. Kadang-kadang ada hukum kejuaraan yang mengharuskan jumlah minimum pemain dalam sebuah tim (biasanya delapan).Sang penjaga gawang diperbolehkan untuk mengambil bola dengan tangan atau lengannya di dalam kotak penalti di depan gawangnya.
Pemain lainnya dalam kedua tim dilarang untuk memegang bola dengan tangan atau lengan mereka ketika bola masih dalam permainan, namun boleh menggunakan bagian tubuh lainnya. Pengecualian kepada hukum ini berlaku ketika bola ditendang keluar melewati garis dan lemparan dalam dikerjakan untuk mengembalikan bola ke dalam permainan. Sejumlah pemain (jumlahnya berbeda tergantung liga dan negara) bisa digantikan oleh pemain cadangan pada masa permainan. Alasan awam digantikannya seorang pemain termasuk cedera, keletihan, kekurangefektifan, perubahan taktik, atau untuk membuang sedikit waktu pada akhir sebuah pertandingan. Dalam pertandingan standar, pemain yang telah diganti tak boleh kembali bermain dalam pertandingan hal yang demikian.
Lapangan yang digunakan biasanya yaitu lapangan rumput yang berbentuk persegi empat. Dengan panjang 91.4 meter dan lebar 54.8 meter. Pada kedua sisi pendek, terdapat gawang sebesar 24 x 8 kaki, atau 7,32 x 2,44 meter.
H.  Lama permainan
Lama permainan sepak bola normal yaitu 2×45 menit, ditambah istirahat selama 15 menit (kadang-kadang 10 menit). seandainya kedudukan sama imbang, maka diadakan perpanjangan waktu selama 2×15 menit, hingga didapat pemenang, namun seandainya sama kuat maka diadakan adu penalti.
Kebanyakan pertandingan biasanya berakhir setelah kedua babak hal yang demikian, dengan sebuah tim memenangkan pertandingan atau berakhir seri. Meskipun begitu, beberapa pertandingan, terutamanya yang memerlukan pemenang mengadakan babak tambahan yang disebut perpanjangan waktu kala pertandingan berakhir imbang: dua babak yang masing-masing sepanjang 15 menit dimainkan. Hingga belum lama ini, IFAB telah mencoba menggunakan beberapa format dari sistem ‘sudden death’, namun mereka kini telah tak digunakan. seandainya hasilnya masih imbang setelah perpanjangan waktu, beberapa kejuaraan mempergunakan adu penalti untuk menentukan sang pemenang. Ada juga kejuaraan lainnya yang mengharuskan pertandingan hal yang demikian untuk diulangi.
Perlu diperhatikan bahwa gol yang dicetak sewaktu babak perpanjangan waktu ikut dihitung ke dalam hasil akhir, berbeda dari gol yang dihasilkan dari spot penalti yang hanya digunakan untuk menentukan pemenang pertandingan.
I.  Wasit sebagai pengukur waktu resmi
Wasit yang memimpin pertandingan sejumlah 1 orang dan dibantu 2 orang sebagai hakim garis. Kemudian dibantu wasit cadangan yang membantu apabila terjadi pergantian pemain dan mengumumkan tambahan waktu. Pada Piala Dunia 2006, digunakan ofisial ke-lima. Penggunaan 2 wasit sempat dicoba pada copa italia.Penggunaan 4 hakim garis kabarnya juga dicoba di piala dunia 2010,dimana 2 diantaranya berada di belakang gawang.
 Mata Dunia