Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa Kemasa

Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa Kemasa – Komputer merupakan perangkat yang sudah tak asing lagi dalam kehidupan kita sehari-hari. Bahkan, hampir beberapa besar masyarakat dunia sudah mengenal dan pernah menggunakan komputer. Perkembangan komputer dewasa ini sudah benar-benar pesat. bagus hardware komputer, software komputer, dan perangkat tambahan komputer berkembang semakin canggih. Mulai dari ukuran yang benar-benar besar ketika pertama kali timbul hingga dikala ini ukurannya sudah semakin kecil, ringan dan mudah dibawa.


Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa Kemasa
Sejarah Perkembangan Komputer dari Masa Kemasa
A. Pengertian Komputer
            Komputer yakni suatu alat untuk memproses data (data processor) yang bisa Menjalankan perhitungan dalam jumlah yang banyak secara cepat, termasuk perhitungan aritmatika dan operasi logika tanpa campur tangan manusia. Komputer juga bisa diartikan sebagai suatu perangkat elektronik yang bisa Menjalankan tugas input data, memproses data hingga menghasilkan output berupa berjenis-jenis informasi. Perkembangan yang terjadi tak terlepas dari inovasi perusahaan-perusahaan di bidang komputer hingga tuntutan persaingan bisnis antar perusahaan.
B. Sejarah Computer Dari Masa Kemasa
            Era perkembangan komputer bisa dibagi menjadi beberapa jangka waktu, yakni:
1. Komputer Generasi Pertama (1944-1959)

Komputer Generasi Pertama (1944-1959)
Komputer Generasi Pertama (1944-1959)
Tabung hampa udara merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada mulanya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai bagian penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca sehingga banyak mempunyai kelemahan, seperti: mudah pecah dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh bagian lain yang berfungsi sebagai pendingin. Akibat peggunaan bagian tambahan, komputer mempunyai ukuran yang besar, berat, dan mahal.
Pada tahun 1946, komputer elektronik di dunia yang pertama, ENIAC, selesai dihasilkan. Pada komputer  hal yang demikian terdapat 18.800 tabung hampa udara dan berbobot 30 ton. Karena mempunyai ukuran yang besar, ENIAC memerlukan suatu ruangan kelas tersendiri. Pada gambar nampak komputer ENIAC, yang merupakan komputer elektronik pertama didunia yang mempunyai bobot seberat 30 ton, panjang 30 M dan tinggi 2.4 M dan membutuhkan daya listrik 174 kilowatts.

Universal Automatic Komputer I

UNIVAC I (Universal Automatic Komputer I) yakni komputer komersial pertama yang diproduksi di Amerika Serikat. Hal ini dirancang lebih-lebih oleh J. Presper Eckertand John Mauchly, penemu ENIAC. Karya desain ini dimulai oleh perusahaan mereka, Eckert-Mauchly Computer Corporation, dan selesai setelah perusahaan telah diakuisisi oleh Remington Rand (yang kemudian menjadi bagian dari Sperry, sekarang Unisys). Dalam tahun-tahun sebelum model penerus dari UNIVAC I timbul, mesin itu hanya diketahui sebagai “UNIVAC”.
UNIVAC pertama dikirim ke Biro Sensus Amerika Serikat pada tanggal 31 Maret 1951, dan didedikasikan pada 14 Juni 1951.
2. Komputer Generasi Kedua (1960-1964)
Komputer Generasi Kedua (1960-1964)
Komputer Generasi Kedua (1960-1964)
Transistor merupakan ciri khas komputer generasi kedua. Bahan bakunya terdiri atas tiga lapis, yaitu: “basic”, “collector”, dan “emmiter”. Transistor merupakan singkatan dari Transfer Resistor, yang berarti dengan mempengaruhi daya tahan antara dua dari tiga lapisan, maka daya (resistor) yang ada pada lapisan selanjutnya bisa pula diberi pengaruh. Dengan demikian, fungsi transistor yakni sebagai penguat sinyal. Sebagai bagian padat, tansistor mempunyai banyak keunggulan, seperti tak mudah pecah, tak menyalurkan panas. dan menjadikan komputer yang ada menjadi lebih kecil dan lebih murah. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga mempunyai bagian-bagian yang bisa diasosiasikan dengan komputer pada dikala ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.
 Pada tahun 1960-an, IBM memperkenalkan komputer komersial yang memanfaatkan transistor dan digunakan secara luas mulai beredar dipasaran. Komputer IBM- 7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Komputer ini dirancang untuk menyelesaikan segala macam pekerjaan bagus yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan dan kecakapan yang dimilikinya, menyebabkan IBM 7090 menjadi benar-benar popular. Komputer generasi kedua lainnya yakni: IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.
Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan daya kerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer bisa mencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada dikala itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai biasa digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. berjenis-jenis macam karier baru bermunculan (programmer, analis sistem, dan spesialis sistem komputer).
 Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini.
Ciri-ciri komputer generasi kedua yaitu
·         Sirkuitnya berupa transistor
·         Program bisa dihasilkan dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), seperti FORTRAN, COBOL, ALGOL
·         Kapasitas memori utama sudah cukup besar
·         Ukuran fisik komputer lebih kecil diperbandingkan komputer generasi pertama
·         Proses operasi sudah cepat
·         Membutuhkan lebih sedikit daya listrik
·         Berorientasi pada bisnis dan teknik.
Teladan komputer generasi kedua yakni UNIVAC III, UNIVAC SS80, UNIVAC SS90, UNIVAC 1107 9 (pabrik pembuatnya Sperry Rand-UNIVAC)

UNIVAC III

UNIVAC III
Dibanding dengan tabung, teknologi transistor jauh lebih efisien sebagai switch dan bisa diperkecil ke skala mikroskopik. Pada tahun 2001 peniliti Intel telah memperkenalkan silikon paling kecil dan paling cepat di dunia, dengan ukuran 20 nanometer ata sebanding dengan sepermiliar meter, yang akan digunakan pada prosesor dengan kecepatan 20 GHz (Giga Hertz). Era ini juga menandakan permulaan munculnya minikomputer yang merupakan terbesar kedua dalam keluarga komputer. Harganya lebih murah dibanding dengan generasi pertama. Komputer DEC PDP-8 yakni minikomputer pertama yang dihasilkan tahun 1964 untuk pengolahan data komersial.
3. Komputer Generasi Ketiga (1964-1975)

Komputer Generasi Ketiga (1964-1975)
Komputer Generasi Ketiga (1964-1975)
Ribuan transistor akhirnya berhasil digabung dalam satu wujud yang benar-benar kecil. Dengan diciptakannya sedikit Silicium berukuran beberapa milimeter inilah yang disebut sebagai Integrated Circuit atau IC-Chip yang merupakan ciri khas komputer generasi ketiga.
Cincin magnetis hal yang demikian bisa dimagnetisasi secara satu arah ataupun berlawanan dan akhirnya menghasilkan dianalisa “ON” ataupun “OFF” yang kemudian diterjemahkan menjadi konsep 0 dan 1 dalam sistem bilangan biner yang benar-benar dibutuhkan oleh komputer. Pada tiap-tiap bidang memori terdapat 924 cincin magnetis yang masing-masing mewakili satu bit informasi. Jutaan bit informasi dikala ini berada didalam satu chip tunggal dengan wujud yang benar-benar kecil. Komputer yang digunakan untuk otomatisasi pertama dikenalkan pada tahun 1968 oleh PDC 808, yang mempunyai 4 KB (kilo-Byte) memori dan 8 bit untuk core memory. bisa digunakan untuk multiprogram. 
Teladan komputer generasi ketiga yakni Apple II, PC, dan NEC PC.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga yaitu
·         bagian yang digunakan yakni IC (Integrated Circuits)
·         Peningkatan dari softwarenya
·         Pemrosesan lebih cepat
·         Kapasitas memori lebih besar
·         Penggunaan listrik lebih hemat
·         wujud fisik lebih kecil dan harga semakin murah
Teladan yang termasuk komputer generasi ketiga antara lain UNIVAC 1109, UNIVAC 9000, PDP-8, PDP-11 (pabrik pembuatnya Digital Equipment Corporation)
PDP-8
DEC-PDP-8 yakni komputer mini komersial pertama yang sukses diproduksi oleh Digital Equipment Corporation (DEC) pada tahun 1960. DEC memperkenalkannya pada tanggal 22 Maret 1965, dan terjual lebih dari 50.000 sistem, yang paling bagus dari tiap-tiap komputer hingga tanggal hal yang demikian. Itu yakni komputer pertama yang dijual secara luas dalam rangkaian komputer DEC PDP (PDP-5 mulanya tak dimaksudkan untuk tujuan-biasa). Chief engineer yang merancang versi awal PDP-8 yakni Edson de Castro, yang kemudian mendirikan Dat aGeneral.PDP awal-8 model (informal diketahui sebagai “-8 Straight”) menggunakan logika dioda-transistor, dikemas pada kartu chip flip, sebesar ukuran lemari es-minibar.
4. Komputer Generasi Keempat (1975-Sekarang)

Komputer Generasi Keempat (1975-Sekarang)
Komputer Generasi Keempat (1975-Sekarang)

Komputer generasi keempat masih menggunakan IC/chip untuk pengolahan dan penyimpanan data. Komputer generasi ini lebih maju karena di dalamnya terdapat beratus ribu bagian transistor. Proses pembuatan IC komputer generasi ini dinamakan pengintegrasian dalam skala yang benar-benar besar. Pengolahan data bisa dikerjakan dengan lebih cepat. Media penyimpanan komputer generasi ini lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Komputer generasi ini sering disebut komputer mikro. Contohnya yakni PC (Personal Computer). Teknologi IC komputer generasi ini yang membedakan antara komputer mikro dan komputer mini serta main frame. Beberapa teknologi IC pada generasi ini yakni Prosesor 6086, 80286, 80386, 80486, Pentium I, Celeron, Pentium II, Pentium III, Pentium IV, Dual Core, dan Core to Duo. Generasi ini juga mewujudkan satu kelas komputer yang disebut komputer super.
Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat biasa. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada dikala itu yakni program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan bisa diprogram.
Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena memopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dioptimalkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer hal yang demikian bisa dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk bisa saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Jaringan komputer memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas.
Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga Local Area Network atau LAN), atau [kabel telepon, jaringan ini bisa berkembang menjadi benar-benar besar.
Ciri-ciri komputer generasi keempat yaitu
·         Lebih kompleks, IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi menggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration (LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip)
·         Mempunyai ingatan yang amat besar, Unit pemprosesan pusat juga mungkin boleh berfungsi kepada paras seperti otak manusia dan Mempunyai kepandaian tersendiri, mengesan keadaan sekeliling melalui pengelihatan dan bijak mengambil sesuatu keputusan bebas daripada kawalan manusia.
Teladan yang termasuk komputer generasi keempat antara lain Apple II, IBM Pentium II
APPLE II
Apple II diperkenalkan kepada publik pada West Coast Komputer Faire pada bulan April 1977.Perbedaan utama dengan Apple I yakni tampilan TV yang didesign total, di mana tampilan disimpan di memori. Dengan cara ini monitor tak hanya bisa menampilkan teks juga bisa menampilkan gambar dan pada akhirnya warna. Pada dikala yang sama Jobs menekankan disain casing dan keyboard yang lebih bagus dengan pemikiran bahwa komputer hal yang demikian wajib lengkap dan siap langsung dinyalakan. Apple I hampir bisa seperti itu namun pengguna masih wajib memasang berjenis-jenis macam bagian dan menulis kode untuk menjalankan BASIC.
PENTIUM II
Pada bulan mei 1997 perusahaan Intel memperkenalkan microprocessor pentium II sebagai kelanjutan dari seri pentium. Pentium II mempunyai seri Intel 233 MHz, Intel Pentium 266 MHz, Intel Pentium 300 mhz.
5. Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)

Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)
Komputer Generasi Kelima (Sekarang – Masa depan)
Generasi kelima dalam sejarah evolusi komputer merupakan komputer impian masa depan. Komputer ini diperkirakan mempunyai lebih banyak unit pemprosesan yang berfungsi bersamaan untuk menyelesaikan lebih daripada satu tugas dalam satu masa. Komputer ini juga mempunyai ingatan yang amat besar sehingga memungkinkan penyelesaian lebih dari satu tugas dalam waktu bersamaan. Unit pemprosesan pusat juga bisa berfungsi sebagai otak manusia. Komputer ini juga mempunyai kepandaian tersendiri, merespon keadaan sekeliling melalui penglihatan yang bijak dalam mengambil sesuatu keputusan bebas dari pemikiran manusia yang disebut sebagai artificial intelligence.
Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semakin memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang lebih-lebih yakni kecakapan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model von Neumann. Model von Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak. Kemajuan lain yakni teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya bisa mempercepat kecepatan informasi.
Jepang yakni negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Komputer Technology) juga disusun untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
Pada generasi kelima ini, telah dikerjakan pengembangan dengan apa yang dinamakan Josephson Junction, teknologi yang akan menggantikan chip yang mempunyai kecakapan memproses trilyunan operasi perdetik sementara teknologi chip hanya mampu memproses miliaran operasi perdetik. Komputer pada generasi ini akan bisa menerjemahkan bahasa manusia, manusia bisa langsung bercakap-cakap dengan komputer serta adanya penghematan energi komputer. Sifat luar biasa ini disebut sebagai “Artificial Intelligence”, selain itu juga berbasis Graphic User Interface (GUI), multimedia, dan multikomunikasi.
Teladan-Teladan komputer yang lahir pada generasi kelima berbasis x86, seperti chip 286 yang diperkenalkan pada tahun 1982 dengan 134.000 transistor, kemudian chip 386 pada tahun 1983 dengan 275.000 transistor, Meski chip 486 diperkenalkan tahun 1989 yang mempunyai 1,2 juta transistor. Selanjutnya pada tahun 1993 Intel memperkenalkan keluarga prosesor 586 yang disebut Pentium 1 dengan jumlah transistor 3,1 juta untuk melakkan 90 MIPS (Million Instruction Per Second). Kemudian dilanjutkan pada generasi selanjutnya yaitu Pentium 2, 3, dan 4.
Pada akhir tahun 2000 Intel memperkenalkan Pentium 4, yang merupakan prosesor terakhir dalam keluarga Intel dengan arsitektur 32 bit (IA-32). Tahun 2001 Intel mengumumkan prosesor Itanium yang merupakan prosesor dengan basis arsitektur 64 bit (IA-64) pertama. Itanium merupakan prosesor pertama milik Intel dengan perintah-perintah 64 bit dan akan menelurkan satu generasi baru dari sistem operasi dan aplikasi, sementara masih mempertahankan backward compatibility dengan software 32 bit. Perlu diketahui bahwa sejak dikeluarkannya prosesor 386, komputer beroperasi pada 32 bit per satuan waktu dalam mengeksekusi informasi hingga Pentium 4. Hingga sekarang komputer yang digunakan kebanyakan masih yang berbasis 32 bit.
Pada generasi pentium, selain ciri khas pada peningkatan kecepatan akses datanya juga tampilan gambar sudah beresolusi (kualitas gambar) bagus dan berwarna serta multimedia, dan yang lebih penting yakni fungsi komputer menjadi lebih cerdas. Meskipun komputer pada generasi ini ukuran fisiknya menjadi lebih kecil dan sederhana tetapi mempunyai kecakapan yang semakin canggih.
C. pemakaian Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari
pemakaian komputer dalam kehidupan sehari-hari benar-benar memudahkan manusia. Perkembangannya juga memengaruhi berjenis-jenis macam aspek kehidupan manusia.
Adapun pemakaian aplikasi komputer di berjenis-jenis bidang yaitu :
1. Bidang Pendidikan
Aplikasi komputer dalam bidang pendidikan berperan sebagai manager dalam proses pembelajaran yang diketahui dengan nama Computer-Managed Instruction (CMI). Ada pula peran komputer sebagai pembantu tambahan dalam belajar, pemanfaatannya meliputi penyajian informasi isi materi pelajaran, latihan, atau kedua-duanya. Modus ini diketahui sebagai Computer-assisted instruction (CAI)(Musthaqim, 2003).
Secara biasa aplikasi komputer dalam bidang pendidikan terbagi dua, yaitu :
·         Aplikasi non pendidikan
Dalam aplikasi non pendidikan terbagi menjadi empat, yaitu
          CBE (Computer Based Education)
Bersifat menyeluruh, segala aplikasi komputer dalam pendidikan bisa dikategorikan dalam bidang ini. CBE juga digunakan untuk aplikasi-aplikasi bukan pendidikan, yang menunjang pendidikan, seperti: mengolah data, mencatat kehadiran pengajar dan siswa, menyimpan arsip data pribadi, dll.
          CAT (Computer Assisted Testing)
Ujian berbantuan komputer, sebagai pengganti kertas ujian, tanya jawab interaktif.
          CAG (Computer Assisted Guidance)
Komputer digunakan sebagai sarana untuk mencari informasi yang dibutuhkan untuk   memberikan pengarahan kepada pemakai.Informasi yang diperoleh tak meningkatkan keahlian pemakai secara langsung, tetapi bisa membantu pemakai dalam mengambil keputusan-keputusan tertentu.
          CMI (Computer Managed Instruction)
Komputer digunakan untuk merencanakan kuliah, dan bisa digunakan untuk memantau prestasi siswa dan membuat laporan secara teratur.
·         Aplikasi pendidikan
Dalam aplikasi pendidikan terbagi menjadi tiga, yaitu :
          CAI (Computer Assisted Instruction)
Macam Aplikasi CAI :
1.    Latih dan Praktek (Drill and Practice)
Menguji tingkat pengetahuan siswa.
2.    Penjelasan (tutorial)
Untuk materi ajaran baru, siswa bisa berinteraksi dengan komputer.
3.    Simulasi
Digunakan untuk mengkaji permasalahan yang rumit.
4.    Pemainan (game)
Agar bisa mendapat pengetahuan dengan santai.
2. Bidang Perbankan
Penggunaan komputer dalam dunia perbankan untuk menghasilkan informasi bagi pihak manajemen bank sendiri dan juga untuk meningkatkan pelayanan kepada pihak nasabah bank. Biasanya komputer digunakan untuk menghitung bunga secara otomatis, transaksi on-line, ATM. dikala ini dengan dikenalnya E-Commerce, maka pelayanan transaksi secara online bisa diterapkan dengan disediakannya ATM kemudian dengan penggunaan internet memudahkan perbankan dalam Menjalankan pelayanan kepada nasabahnya melalui INTERNET BANKING dan SMS BANKING (Pressman, 2002).
3. Bidang Industri
Penggunaan komputer dalam bidang industri sekarang ini telah meluas digunakan karena memungkinkan proses produksi di dalam industri lebih efisien dan lebih efektif. Dalam proses produksi komputer bisa digunakan untuk pengawasan numeric atau pengawasan proses (control process). Pengawasan numeric (numeric control) berarti pengawasan secara otomatis kepada posisi dan operasi mesin-mesin yang digunakan. Pengawasan Proses berarti menyediakan otomatisasi di dalam operasi proses yang kontinyu. Komputer untuk pengawasan proses digunakan pada industri yang mebuta otomatis proses produksi dan mengatur secara otomatis variable-variabel yang mempengaruhi proses produksi (Yuhefizar, 2003).
Komputer yang dipergunakan untuk memegang mesin-mesin produksi dengan ketepatan tinggi, misalnya CNC (Computer Numerical Contor) pengawasan numeric atau perhitungan, CAM (Computer Aided Manufacture),  CAD (Computer Aided Design), yaitu untuk merancang wujud (desain) sebuah produk yang akan dikeluarkan pada sebuah industri atau pabrik, misal sebuah mesin serba guna dalam industri metal sehingga bisa kita jumpai berjenis-jenis produk industri logam yang bervariasi dan kita bayangkan sulit apabila dikerjakan secara manual. Banyak pula mesin-mesin dalam industri garmen dilengkapi dengan kontrol komputer, misalnya Menjalankan pewarnaan, membuat border, dan sebagainnya (Sudirman, 2003).
Selain itu industri modern dikala ini juga memanfaatkan robot yang secara otomatis Menjalankan kerja-kerja tertentu dalam sebuah industri yang dipegang oleh komputer yang tak mungkin dikerjakan manusia. Fungsi robot di industri pada umumnya ditujukan untuk menggantikan peran manusia dalam melaksanakan tugas-tugas yang memerlukan ketelitian tinggi, waktu yang tepat dan mengandung resiko tinggi kepada keselamatan kerja. Industri mobil paling banyak memanfaatkan robot untuk Menjalankan perakitan. Definisi robot berdasarkan Robot Institute of America (1979) yakni : lengan manipulator berfungsi banyak yang bisa diprogram, untuk menggerakan bahan-bahan, suku cadang, perlatan atau alat industri lainnya melalui berjenis-jenis program pergerakkan untuk melaksanakan berjenis-jenis macam tugas.
Awal timbul robot pada tahun 1946 dalam wujud sistem perekaman magnetis di lengan manipulator, sebagai perintis robot yakni George Deval. Meski produksi robot dimulai tahun 1961. Walaupun dioptimalkan di Amerika, robot hal yang demikian justru meluas pemakaiannya di Jepang, hingga terkenal sebagai pemimpin dalam aplikasi robot dunia. Zaman robot di Jepang dimulai tahun 1967, tiga tahun kemudian Kawasaki Heavy Industri mulai memproduksi  robot.
Robot industri pada umumnya terdiri dari sebuah bangunan besar dengan beberapa lengan lengkap dengan penjepit, sensor dan peralatan pada ujungnya. Struktur robot bisa dibagi berdasarkan bagian  sebagai berikut:
·         Manipulator, merupakan basisnya, Bagian ini bisa digeser secara terbatas.
·         Pengendali, terdiri dari komputer, antarmuka dan perangkat lunak
·         Sumber daya. Robot bertenaga listrik paling bagus
·         Peralatan ujung. Penjepit, penyemprot, las dan sebagainya.
4. Bidang Penerbangan
Digunakan untuk mengatur jadwal penerbangan dan mengatur system pemesanan tiket. Dengan bantuan komputer, pelayanan dan pengaturan jadwal penerbangan akan lebih cepat dan tepat. Di bidang penerbangan luar angkasa komputer digunakan untuk memegang kendali pesawat menggantikan pilot, menghitung ketinggian pesawat, memegang panel-panel kendali seperti keadaan mesin, bahan bakar, dan kecepatan. Komputer juga digunakan untuk memegang pesawat ruang angkasa bagus dengan awak ataupun tanpa awak ke planet dan mempelajari keadaan dan isi planet (Rahmat, 2003).
6. Bidang Riset / Biologi
Aplikasi komputer dalam bidang biologi atau riset disebut “Bioinformatika” merupakan gabungan antara ilmu biologi dan ilmu teknik informasi (TI). Bioinformatika didefinisikan sebagai aplikasi dari alat komputasi dan analisa untuk menangkap dan menginterpretasikan data-data biologi. Ilmu bioinformatika lahir atas insiatif para spesialis ilmu komputer berdasarkan artificial intelligence. Mereka berpikir bahwa segala gejala yang ada di alam ini bisa dihasilkan secara artificial melalui simulasi dari gejala-gejala hal yang demikian. Bioinformatika ini penting untuk manajemen data-data dari dunia biologi dan kedokteran modern (Irwansyah, 2003).
Perangkat utama Bioinformatika yakni program software dan didukung oleh kesediaan internet. dikala ini, perkembangan ilmu biologi benar-benar diberi pengaruh oleh perkembangan ilmu bioinformatika. Bioteknologi modern ditandai dengan kecakapan manusia untuk memanipulasi kode genetik DNA, “cetak biru kehidupan”. berjenis-jenis aplikasinya telah merambah sektor kedokteran, pangan, lingkungan, dsb. Kemajuan ilmu Bioinformatika ini dimulai dari genome project yang dilaksanakan di seluruh dunia dan menghasilkan tumpukan informasi gen dari berjenis-jenis makhluk hidup, mulai dari makhluk hidup tingkat rendah hingga makhluk hidup tingkat tinggi (Yuhefizar, 2003).
7. Bidang Militer
Pada bidang militer komputer digunakan untuk mengendalikan senjata atau peluru kendali. Untuk navigasi kapal laut dan kapal selam,  untuk  Menjalankan simulasi peperangan, dan Menjalankan pengiriman sandi-sandi rahasia militer (Rahmat, 2003).
8. Bidang Kedokteran
Kegunaan komputer di bidang kedokteran salah satunya yakni untuk mendiagnosa penyakit yang tak terlihat dan menemukan obat yang tepat. Komputer memudahkan seorang dokter dalam menganalisa organ-organ tubuh manusia tanpa operasi dan memudahkan dalam menganalisa organ tubuh manusia bagian dalam yang sulit dilihat tanpa Menjalankan operasi dengan menggunakan komputer, antara lain yaitu :

a.    Sistem CAT (Computerized Axial Tomography) digunakan untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tak bergerak dengan cara menggunakan sinar-X

b.    Sistem DSR (Dynamic Spatial Reconstructor), yaitu memandang gambar dari berjenis-jenis sudut organ tubuh
c.    SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography), merupakan suatu sistem komputer yang mempergunakan gas radioaktif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam wujud gambar
d.    PET (Position Emission Tomography) merupakan suatu sistem komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif

e.    NMR (Nuclear Magnetic Resonance), yaitu teknik mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen. Dengan munculnya pemanfaatan komputer dalam bidang kedokteran, hal hal yang demikian benar-benar membantu seorang dokter dalam mendiagnosis penyakit sekaligus memberi obat

f.     Medis sonografi (USG) yakni USG diagnostik berbasis teknik pencitraan medis yang digunakan untuk memvisualisasikan otot, tendon, dan organ internal banyak, untuk menangkap ukuran mereka, struktur dan tiap-tiap lesi patologis dengan gambar real time tomografi. USG telah digunakan oleh sonographers untuk gambar tubuh manusia untuk setidaknya 50 tahun dan telah menjadi salah satu alat diagnostik yang paling banyak digunakan dalam kedokteran modern. Teknologi ini relatif murah dan portabel, lebih-lebih bila diperbandingkan dengan modalitas lainnya, seperti magnetic resonance imaging (MRI) dan computed tomography (CT). USG juga digunakan untuk memvisualisasikan janin selama rutin dan perawatan darurat kehamilan. Aplikasi diagnostik seperti yang digunakan selama kehamilan disebut sebagai sonografi obstetrik.