Sejarah Perkembangan E-Mail

Sejarah Perkembangan E-Mail – berdasarkan data dari situs wikipedia ketika ini diperkirakan ada sekitar 1,3 miliar pengguna surat elektronik atau yang lebih populer disebut dengan email di seluruh dunia. Para penggunanya pun bervariasi mulai dari anak sekolahan, mahasiswa, profesor, pembantu rumah tangga, ibu rumah tangga, tukang jualan sayur di pasar, pengusaha, menteri hingga presiden. Di antara sekian banyak penggunanya, mungkin masih banyak yang belum mengetahui sejak kapan email digunakan dan siapa orang pertama yang menciptakannya. Berikut akan dipaparkan sepintas sejarah awal terciptanya email beserta seluk beluknya. Pada kesempatan kali ini kami akan memnahas tentang emmail yang meliputi;
  • Sejarah awal terciptanya E-mail
  • imbas Positif dan Negatif E-mail
  • norma dan Tata cara penggunaan E-mail

Sejarah Dan Perkembangan E-Mail
Email merupakan singkatan dari “Electronic Mail”, yaitu sarana kirim mengirim surat/pesan secara elektronik yaitu melalui jalur internet. Surat hal yang demikian bisa berupa teks saja, ataupun gabungan dengan gambar. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan merupakan biaya untuk membayar sambungan/akses internet.
Sejarah Perkembangan E-Mail
Sejarah Perkembangan E-Mail
sesungguhnya keberadaan email lebih tua lebih tua dibanding ARPAnet atau internet. Email timbul dan berkembang dari hal yang sederhana. Pada mulanya email hanyalah suatu yang sedikit lebih canggih dari pengetahuan kita ketika ini sebagai file dan directory/folder, yaitu email pada ketika itu hanya meletakkan pesan pada direktori user (pengguna) lain di tempat dimana mereka bisa melihatnya ketika user lain hal yang demikian Menjalankan login.

Sistem email pertama dengan cara kerja seperti diatas merupakan MAILBOX, yang digunakan pada Massachusetts Institute of Technology pada tahun 1965. Disertai program untuk mengirim pesan pada komputer yang sama yang disebut SNDMSG. Pada tahun 1971, Ray Tomlinson, seorang insinyur komputer yang bekerja pada BNN (Bolt Beranek and Newman) sebagai salah satu kontraktor ARPANET, dia memanfaatkan simbol @ agar email bisa mengirim pesan ke pengguna pada komputer lain yang terhubung pada jaringan ARPANET. Jadi simbol @ merupakan untuk memisahkan antara user/mailbox dengan komputer servernya. Ray Tomlinson diakui sebagai ilmuwan penemu email.

Pada tahun 1980, Simple Mail Transfer Protocol (SMTP versi awal) diperkenalkan oleh Jon Postel sebagai standar untuk menyeragamkan beragam protocol transfer email yang ada sebelumnya (MailBox Protocol, FTP Mail, dan Mail Protocol). Selanjutnya pada Agustus 1982, protocol SMTP secara resmi dipublikasikan sebagai standar baru protokol untuk transfer email dengan kode RFC 821, juga oleh Jon Postel.

Pada tahun 1984, protokol POP (Post Office Protocol) dipublikasikan dengan kode RFC 918. Ide dari penyusunan protokol POP merupakan untuk menyediakan cara sederhana bagi komputer klien/lokal untuk mengambil email dari mailbox (server) sehingga pesan (email) hal yang demikian bisa digunakan/dibaca secara lokal (pada komputer klien/lokal). Protokol POP sekarang merupakan versi 3 atau POP3 ( RFC 1939), Meskipun POP4 masih dalam tahap pengajuan (proposal). Setelah berkembangnya teknologi web (www atau world wide web), email mulai tersedia dengan antarmuka yang lebih ramah yaitu antarmuka berbasis web oleh penyedia email seperti yahoo dan hotmail.

E-mail, pengguna membuat dan mengirim pesan dari komputer individu dengan menggunakan program komersial e-mail atau mail user agents(MUAs). Kebanyakan program ini mempunyai editor teks untuk menulis pesan. Pengguna mengirim pesan ke satu atau lebih penerima dengan alamat tujuan yang di tentukan. Ketika seorang pengguna mengirim sebuah pesan e-mail ke beberapa penerima sekaligus, kadang-kadang disebut penyiaran.

Alamat dari pesan e-mail termasuk sumber dan tujuan pesan. konvensi pengalamatan yang berbeda digunakan tergantung pada tujuan e-mail. Sebuah pesan antar kantor didistribusikan melalui intranet, atau jaringan komputer internal, mungkin mempunyai skema yang sederhana, seperti nama karyawan, untuk alamat e-mail. E-mail dikirim ke luar dari intranet ditujukan pantas dengan konvensi berikut: Bagian pertama dari alamat yang berisi nama pengguna, diikuti dengan simbol @, nama domain, lembaga atau nama organisasi, dan akhirnya nama negara.

Sebuah alamat e-mail mungkin khas sebagai Teladan (kelompok1@email.com). Dalam Teladan ini ozenk nama pengguna, pacebuk merupakan nama domain-perusahaan tertentu, organisasi, atau lembaga yang beberapa dari pesan e-mail yang akan dikirim dengan subject ke atau dari, dan com akhiran menunjukkan Macam organisasi yang komersial sebagai ekstensi, lain halnya seperti .org untuk organisasi, .edu untuk pendidikan, .mil untuk militer, dan .gov untuk pemerintah. Sebuah pesan e-mail yang berasal dari luar Amerika Serikat atau dikirim dari Amerika Serikat ke negara-negara lain mempunyai akhiran tambahan yang menunjukkan negara asal atau tujuan. Contohnya termasuk uk untuk Inggris, fr untuk Prancis, dan au untuk Australia.

E-mail, data perjalanan dari komputer pengirim ke alat jaringan disebut transfer pesan agen (MTA) yang, tergantung pada alamat, bagus menyampaikan pesan dalam jaringan komputer atau mengirimkannya ke MTA lain untuk distribusi melalui internet (see Network). File data akhirnya dikirim ke kotak surat pribadi penerima, yang mengambil dan membacanya menggunakan program e-mail atau MUA. Penerima bisa menghapus pesan, menyimpannya, membalas, atau meneruskannya kepada orang lain.

E-mail menampilkan informasi teknis disebut header dan footer di atas dan di bawah isi pesan utama. Pada bagian, header dan footer merekam pengirim dan nama penerima dan alamat e-mail, waktu dan tanggal pengiriman pesan dan penerimaan, dan subjek pesan.

Selain teks yang terkandung di tubuh pesan e-mail biasa, kebanyakan program e-mail memungkinkan pengguna untuk mengirim file terpisah yang melekat pada transmisi e-mail. Hal ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan file teks atau grafis berbasis besar, termasuk file audio dan video dan foto digital, untuk pesan e-mail.

berdasarkan laporan terkini oleh Forrester Research, lebih dari separuh orang Amerika menggunakan email selama rata-rata setengah jam tiap hari. Dan bukan itu saja, email ketika ini sudah menjadi alat komunikasi populer yang digunakan di seluruh belahan dunia. melainkan tahukah Anda asal muasal email sesungguhnya?

Semuanya bermula pada tahun 1968 di sebuah perusahaan yang bernama Olt Break and Newman (BBN). Perusahaan ini dipekerjakan oleh Departemen Pertahanan AS untuk menciptakan sesuatu yang disebut ARPANET, yang kemudian berubah menjadi internet. ARPANET merupakan singkatan dari Advanced Research Projects Agency Network, dan bertujuan untuk menciptakan sebuah Cara komunikasi antara institusi militer dan pendidikan satu sama lain.

Pada tahun 1971, seorang insinyur bernama Ray Tomlinson ditugaskan dalam proyek yang disebut SNDMSG. Program ini bukan merupakan program baru, sesungguhnya program hal yang demikian sudah ada selama sekian tahun. Dengan standar masa kini, program hal yang demikian bisa dikatakan lebih dari primitif. Apa yang dijalankan program hal yang demikian hanyalah memungkinkan pengguna pada mesin yang sama bisa saling mengirim pesan satu sama lain. Pengguna bisa membuat dokumen teks yang kemudian akan dikirimkan ke dalam kotak surat pada mesin yang sama.

Kotak surat pada ketika itu merupakan sebuah dokumen teks yang bisa mempunyai teks tambahan yang ditambahkan pada bagian akhir. Data bisa dimasukkan, tetapi tak bisa dihapus atau diubah. Nama dari kotak surat hal yang demikian merupakan nama dokumen teks. Ray yang ditugaskan untuk membuat aplikasi sederhana ini mampu malakukan sedikit hal lain. Kemudian diketahui ia sedang mengerjakan sesuatu yang disebut CYPNET, yang dimaksudkan untuk mentransfer file antar komputer dalam ARPANET. “Ide yang timbul dalam benak saya merupakan CYPNET bisa menambahkan materi ke dalam kotak surat seperti yang bisa dijalankan SNDMSG.

Maka ia memodifikasi CYPNET untuk bisa Menjalankan satu tugas tambahan. menambahkan sesuatu ke dalam sebuah file. Hal ini cukup mudah dan perubahan hal yang demikian dijalankan secara cepat. Setelah itu, Ray membuat keputusan yang telah merubah sejarah. Ia menciptakan format alamat email. Ia mendeskripsikannya? sebagai berikut, alamat kotak surat, tanda @, lalu diikuti nama mesin. Ia menggunakan tanda @ karena “sepertinya masuk akal. Saya menggunakan tanda @ untuk menandai bahwa si pengguna @ ada di/at’ host lain selain berada di local area.

Ia mengirim pesan pada dirinya, yang isinya sudah hilang ditelan waktu. Pesan Email pertama segera terkirim antara dua noda PDP-10 dalam jaringan ARPANET. Sejarah telah dihasilkan.

Eudora Mail
Salah satu program email pertama yang terbesar yang bisa digunakan oleh lazim merupakan Eudora. Email ini pertama kali ditulis pada tahun 1988 oleh Steve Dorner. Pada ketika itu ia merupakan seorang karyawan di University of Illinois. Eudora diambil dari nama almarhum Eudora Welty, seorang penulis dari Amerika. Eudora merupakan client email pertama yang menyediakan antarmuka grafis. Pada ketika pertama timbul email ini bersifat gratis, meskipun kemudian setelah dibeli oleh Qualcomm pada tahun 1994, Eudora menjadi produk professional.

Seperti aplikasi lain dalam web, Eudora merupakan raja selama beberapa tahun, kemudian dengan cepat digantikan oleh client email dari Netscape dan Internet Explorer. Kedua client email hal yang demikian menjadi popular tak hanya karena mereka lebih bagus dari Eudora, melainkan juga karena mereka disediakan secara hanya-hanya dengan web browser.

imbas E-MAIL
E-mail mempunyai imbas yang besar pada jumlah informasi yang dikirim di seluruh dunia. Hal ini telah menjadi Cara penting dari transmisi informasi yang sebelumnya disampaikan melalui surat biasa, telepon, kurir, fax, televisi, atau radio.

E-mail, bagaimanapun, juga telah disalahgunakan oleh seseorang untuk bisnis tertentu yang mengirimkan pesan komersial yang tak diminta / e-mail yang biasa kita kenal sebagai spam. Untuk mengatasi masalah ini, Kongres AS pada tahun 2003 disahkan undang-undang yang dirancang untuk mengurangi spam. Undang-undang membuatnya ilegal untuk mengirim pesan e-mail yang menggunakan baris subjek yang menipu dan alamat mengembalikan false, memberikan denda setinggi $ 6 juta dan penjara mungkin bagi pelanggar. Pengirim dari konten pornografi atau dewasa-yang terkait sepatutnya secara terang mengidentifikasi konten hal yang demikian di baris subjek. Undang-undang mengharuskan seluruh e-mail pesan komersial, diminta atau tak diminta, untuk menyertakan sebuah alamat pos yang valid dan mekanisme out-put dalam tubuh teks sehingga penerima bisa mencegah pengumpulan masa depan e-mail.

Para supplants undang-undang federal memberikan seluruh undang-undang negara sebelumnya dan memerlukan beberapa perubahan perilaku pada bagian pengguna e-mail. Sebelumnya, e-mail pengguna yang disarankan untuk tak menanggapi spam karena respon hal yang demikian hanya akan memverifikasi keabsahan dari alamat e-mail. Untuk undang-undang baru untuk bekerja, bagaimanapun, e-mail penerima sepatutnya memberitahu pengirim bahwa permohonan mereka tak di inginkan lagi. Federal Trade Commission (FTC) merupakan menyusun database pelanggar spam. Orang yang mendapatkan pesan spam atau yang terus mendapatkan pesan yang tak diminta setelah pemberitahuan seharusnya meneruskan permohonan untuk uce@ftc.gov untuk mengajukan pengaduan dengan FTC.

Cara PENGIRIMAN E-MAIL
Untuk mengirim surat elektronik kita memerlukan suatu program mail-client. Surat elektronik yang kita kirim akan melalui beberapa skor sebelum hingga di tujuan. Untuk lebih jelasnya lihat diagram dibawah. Teladan yang dipakai merupakan layanan SMTP dan POP3.

Saya menulis surel → e-mail client (di komputer saya) → SMTP server penyedia e-mail saya → Internet → POP3 server penyedia e-mail penerima → e-mail client (di komputer si penerima) → surat dibaca si penerima

Terlihat surat elektronik yang terkirim hanya melalui 5 skor (selain komputer pengirim dan penerima). sesungguhnya lebih dari itu karena setelah surat elektronik meninggalkan POP3 Server maka itu akan melalui banyak server-server lainnya. tak tertutup kemungkinan surat elektronik yang kita kirim disadap orang lain. Maka dari itu bila surat elektronik yang kita kirim mengandung isi yang sensitif sebaiknya kita Menjalankan tindakan pencegahan, dengan mengacak (enkrip) data dalam surat elektronik hal yang demikian (contohnya menggunakan PGP, sertifikat digital, dan lain-lain)

CARA MEMBACA SURAT ELEKTRONIK (E-MAIL)
Surat elektronik pada mulanya disimpan di dalam sebuah mailserver. Biasanya bila seseorang memakai koneksi ISP untuk sambungan ke internet, ia akan diberikan satu surat elektronik gratis. Surat elektronik yang diterima akan disimpan di server surat elektronik ISP.

Ada dua cara untuk mengakses surat elektronik:
  1. Dengan cara menggunakan ‘browser’, seperti Internet Explorer atau Mozilla Firefox. Cara ini disebut sebagai web-based, artinya kita menggunakan media web sebagai perantara ke kotak surat elektronik. Teladan: Yahoo! Mail dan Gmail. Untuk menggunakannya, pengguna haruslah dalam keadaan online. Layanan surat elektronik berbasis web biasanya disediakan oleh penyelenggara layanan email gratis.
  2. Menggunakan program pengakses surat elektronik (e-mail client), seperti: Eudora Mail, Outlook Express, Windows Mail, Mozilla Thunderbird, Mutt. Dengan menggunakan program seperti ini, seseorang sepatutnya mengetahui konfigurasi yang bisa didapat dari ISP. Keuntungannya merupakan bisa membaca surat elektronik tanpa perlu terhubung secara terus-menerus dengan internet dan puluhan surat elektronik bisa diterima dan dikirimkan secara bersama-sama sekaligus. Kelebihan yang lainnya merupakan perangkat lunak ini menyediakan fungsi-fungsi penyuntingan dan pembacaan email secara offline. Dengan demikian biaya koneksi ke internet bisa dihemat.

norma PENGGUNAAN SURAT ELEKTRONIK
norma dalam surat elektronik sama dengan norma dalam menulis surat biasa. Ada surat elektronik yang isinya formal ada yang informal. Beberapa skor penting:

Ø Jangan mengirim surat elektronik dengan lampiran (attachment) yang terlalu besar (lebih dari 512 kB). tak seluruh orang mempunyai akses Internet yang cepat, dan ada kemungkinan lampiran hal yang demikian melebihi kapasitas surat elektronik penerima, sehingga akan ditolak mailserver penerima. Selain itu, perhatikan juga bahwa beberapa penyedia surat elektronik juga mengaplikasikan batasan tentang jumlah, Macam, dan ukuran surat elektronik yang bisa diterima (dan dikirim) penggunanya.

Ø Jangan mengirim lanjut (forward) surat elektronik tanpa berpikir kegunaan bagi orang yang dituju.

Ø senantiasa isi kolom subjek, jangan dibiarkan kosong.

Ø Dalam mengutip tulisan orang lain, senantiasa usahakan mengutip seperlunya, jangan mau gampangnya mengutip seluruh tulisan orang itu:

o dalam menjawab surat elektronik orang lain, kutip bagian yang kita tanggapi saja, selain lebih terang juga tak memakan waktu / jatah akses penerima,

o dalam mengutip tulisan orang ketiga, ingat hak cipta: kutip sesedikit mungkin dan rujuk ke tulisan aslinya.

Ø Jangan menggunakan huruf kapital karena bisa menimbulkan kesan anda BERTERIAK.

Ø Gunakan kata-kata dengan santun. Adakalanya sesuatu yang kita tulis akan terkesan berbeda dengan apa yang sebetulnya kita maksudkan.

KEAMANAN
Keamanan data di surat elektronik tidaklah terjamin dan senantiasa ada risiko terbuka untuk lazim, dalam artian seluruh isinya bisa dibaca oleh orang lain. Hal ini disebabkan oleh karena surat elektronik itu akan melewati banyak server sebelum hingga di tujuan. tak tertutup kemungkinan ada orang yang menyadap surat elektronik yang dikirimkan hal yang demikian.

Surat elektronik bisa diamankan dengan Menjalankan teknik pengacakan (enkripsi). Salah satu program enkripsi yang populer merupakan PGP (Pretty Good Privacy). Dengan memakai PGP maka isi akan dienkrip, dan hanya orang yang tertuju bisa mendekripsi dan membaca surat elektronik hal yang demikian. Kerugiannya merupakan membuat repot pihak pengirim dan penerima (karena keduanya sepatutnya mempunyai program PGP, dan pengirim juga sepatutnya mempunyai kunci lazim penerima, dan Menjalankan enkripsi pesan dengan kunci hal yang demikian).