Sejarah KFC (Kentucky Fried Chicken)

Sejarah KFC (Kentucky Fried Chicken) – KFC (dulu diketahui dengan nama Kentucky Fried Chicken) yakni suatu merek dagang waralaba dari Yum! Brands, Inc., yang bermarkas di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat. Didirikan oleh Col. Harland Sanders, KFC diketahui terlebih karena ayam gorengnya, yang biasa disajikan dalam “timba” (bucket) dari kertas karton. Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya pada tahun 1939 di restoran miliknya pada tepi jalan di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah ke sebuah motel. Ia menutup usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol Interstate melalui kotanya. Pada awal 1950-an, ia mulai berkeliling Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete Harman di Salt Lake City, Utah, dan pada tahun 1952 bersama-sama mendirikan restoran Kentucky Fried Chicken yang pertama di dunia (restoran pertamanya tak menggunakan nama hal yang demikian). Sanders menjual seluruh waralaba KFC pada tahun 1964 senilai 2 juta USD, yang sejak itu telah dijual kembali sebanyak tiga kali. Pemilik terakhir yakni PepsiCo, yang menggabungkannya ke dalam divisi perusahaan Tricon Global Restaurants yang sekarang diketahui sebagai Yum! Brands, Inc. Pada tahun 1997, Tricon terpisah dari PepsiCo.

Sejarah KFC (Kentucky Fried Chicken)
Kentucky Fried Chicken ® ini didirikan oleh Colonel Harland Sanders (lahir pada 9 September 1890) pada usia enam puluh lima. KFC ® merupakan salah satu bisnis terbesar global industri pelayanan makanan dan secara luas diketahui di seluruh dunia sebagai wajah Colonel Sanders. Pada umur 6 tahun, ayahnya meninggal dunia. Ibunya sudah tak bisa bekerja lagi, dan Harland muda sudah mesti menjaga adik laki-lakinya yang baru berumur 3 tahun. Dengan dikaji ini ia mesti memasak untuk keluarganya. Pada umur 7 tahun ia sudah pandai memasak di beberapa tempat memasak. Pada usia 10 tahun ia memperoleh pekerjaan pertamanya didekat pertanian dengan gaji 2 dolar sebulan. Ketika berumur 12 tahun ibunya kembali menikah dan ia meninggal di rumah tempat tinggalnya dekat Henryville, Ind. Harland berganti-ganti pekerjaan selama beberapa tahun, pertama sebagai tukang parkir pada usia 15 tahun di New Albany, Ind., dan kemudian sebagai pada usia 16 tahun menjadi tentara yang dikirim selama 6 bulan di Kuba. Setelah itu ia menjadi petugas pemadam kebakaran, belajar ilmu hukum melalui korespondensi, praktik dalam pengadilan, asuransi, operator kapal feri, penjual ban, dan operator bengkel.

Sejarah KFC (Kentucky Fried Chicken)
Sejarah KFC (Kentucky Fried Chicken)
Pada usia empat puluh tahun, Colonel Sanders mulai memasak untuk turis di bengkelnya yg Berlokasi di Corbin, KY. Namun, bukan datang untuk layanan mobil mereka, ratusan orang mulai datang ke stasiun Kolonel khusus untuk makanan. Jadi ia memperluas baru-dan-bisnis datang dengan bergerak di seberang jalan ke hotel dan restoran yang kapasitasnya 142 orang. ketika memasak di sini, Colonel Sanders menyempurnakan rahasia sebelas campuran bumbu dan rempah-rempah untuk resep khusus yang masih digunakan sekarang.

Dengan teknik memasak khusus, Sanders’ station menjadi terkenal dan ia diakui untuk masakan yang luar biasa oleh Gubernur pada waktu itu, Ruby Laffoon pada tahun 1935 ketika ia membuat Kentucky Kolonel; maka nama Colonel Sanders.Pada tahun 1939, Colonel Sanders ‘restoran memenangkan teratas di Duncan Hines “Adventures in Good Eating.”

Setelah start-up luar biasa pada tahun 1952, Kolonel meyakinkan dirinya selama sisa hidupnya kepada usaha waralaba ayam. Untuk menyebarkan resepnya yang terkenal, ia membentang negara di mobilnya dari usaha kecil di Kentucky untuk memasak dengan ayam untuk pemilik restoran dan karyawannya. seandainya mencintai rakyatnya seperti pelanggan yang lain itu, Kolonel membuat kesepakatan dengan penyusunan, mengatakan bahwa mereka akan membayar satu sen untuk tiap-tiap ayam mereka dijual di restoran mereka. Begitu banyak restoran setuju bahwa dengan tahun 1964, Kolonel telah lebih dari enam ratus outlet waralaba di Amerika Serikat dan Kanada untuk ayam. Juga pada tahun 1964, Colonel Sanders memutuskan untuk menjual bunga di Amerika Serikat perusahaan untuk perubahan kecil (hanya US $ 2 juta) untuk faksi kecil investor, seperti John Y. Brown Jr, Gubernur Kentucky dari tahun 1980 hingga 1984. Namun, Colonel Sanders terus menjadi juru bicara publik KFC ® dan pada tahun 1976, ia diangkat menjadi kedua di dunia selebriti paling diidentifikasi oleh survei independen.

Dengan kelompok baru ini investor melaksanakan Corporation, KFC ® diperluas dan matang dengan cepat. Corporation terdaftar pada New York Stock Exchange pada 16 Januari 1969, hanya tiga tahun setelah itu pergi publik pada 17 Maret 1966. Kemudian, setelah perusahaan KFC ® diakuisisi oleh Heublein Inc pada 8 Juli 1971 untuk $ 285 million, perusahaan berkembang menjadi mempunyai 3.500 waralaba dan restoran di seluruh dunia.

Selanjutnya, Heublein Inc. yang selanjutnya diakuisisi oleh RJ Reynolds Industries, Inc (sekarang RJR Nabisco, Inc) pada tahun 1982, membuat Kentucky Fried Chicken ® sebuah anak perusahaan dari Reynolds. Setelah itu, pada bulan Oktober tahun 1986, PepsiCo, Inc Mengerjakan pembelian sebesar $ 840 juta dari RJR Nabisco, Inc

Namun, pada Januari 1997, PepsiCo, Inc mengungkapkan bahwa itu akan membuat KFC ® dan kecil lainnya restoran cepat – Taco Bell dan Pizza Hut – menjadi perusahaan restoran independen yang diketahui sebagai Tricon Global Restaurants, Inc Perusahaan ini juga menyatakan bahwa hal itu akan mengubah nama korporasi Yum! Brands, Inc dalam bulan Mei 2002. Perusahaan ini, yang sekarang ini mempunyai A & W All-American Food Restoran, KFC, Long John Silvers, Pizza Hut dan Taco Bell restoran, yakni restoran utama dunia perusahaan dalam hal sistem unit, mempunyai menyesakkan 32.500 unit di lebih dari seratus negara dan wilayah. Sayangnya, setelah Mengerjakan perjalanan 250 ribu mil tiap-tiap tahun mengunjungi restoran di seluruh dunia, Colonel Sanders meninggal karena leukemia pada 16 Desember 1980 pada usia sembilan puluh tahun.Yang cukup menarik, perusahaan global yg benar-benar besar ini, segala dimulai dengan hanya pria berumur enam puluh lima tahun dan seekor ayam.

Sejarah Masuknya KFC ke Indonesia
PT Fastfood Indonesia Tbk. yakni pemilik tunggal waralaba KFC di Indonesia, didirikan oleh Gelael Group pada tahun 1978 sebagai pihak pertama yang memperoleh waralaba KFC untuk Indonesia. Perseroan mengawali operasi restoran pertamanya pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta, dan telah memperoleh sukses. Kesuksesan outlet ini kemudian diikuti dengan pembukaan outlet-outlet selanjutnya di Jakarta dan perluasan area cakupan hingga ke kota-kota besar lain di Indonesia, antara lain Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado. Keberhasilan yang terus diraih dalam pengembangan merek menjadikan KFC sebagai bisnis waralaba cepat saji yang diketahui luas dan dominan di Indonesia.

Bergabungnya Salim Group sebagai pemegang saham utama telah meningkatkan pengembangan Perseroan pada tahun 1990, dan pada tahun 1993 terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Jakarta sebagai langkah untuk semakin mendorong pertumbuhannya. Kepemilikan saham mayoritas pada ketika ini yakni 79,6% dengan pendistribusian 43,8% kepada PT Gelael Pratama dari Gelael Group, dan 35,8% kepada PT Megah Eraraharja dari Salim Group; sementara saham minoritas (20,4%) didistribusikan kepada Publik dan Koperasi. Perseroan memperoleh hak waralaba KFC dari Yum! Restaurants International (YRI), sebuah badan usaha milik Yum! Brands Inc., yaitu sebuah perusahaan publik di Amerika Serikat yang juga pemilik waralaba dari empat merek ternama lainnya, yakni Pizza Hut, Taco Bell, A&W, dan Long John Silvers. Lima merek yang bernaung dibawah satu kepemilikan yang sama ini telah memproklamirkan Yum! Group sebagai fast food chain terbesar dan terbaik di dunia dalam memberikan bermacam-macam pilihan restoran ternama, sehingga memastikan kepemimpinannya dalam bisnis multi-branding. Untuk kategori produk daging ayam cepat saji, KFC tak terkalahkan.

akibat KFC kepada Perekonomian Indonesia
Jumlah penduduk Indonesia yang besar dengan pertumbuhan per kapita yang
tergolong tinggi merupakan potensi yang benar-benar besar bagi industri makanan olahan, termasuk fast food. Ketersediaan makanan yang cepat saji (quick service) semakin dibutuhkan sejalan dengan meningkatnya mobilitas masyarakat, terlebih di wilayah perkotaan yang dinamis. Makin maraknya bisnis restoran kategori fastfood yang menyediakan menu utama ayam goreng dan burger, khususnya yang dioptimalkan melalui sistem franchise memacu dikaji persaingan yang semakin ketat. Selain akibat masuknya merek baru, pemain-pemain lama juga terus Mengerjakan perluasan jaringan pemasarannya. Apalagi kategori makanan pokok sehari-hari juga menghadapi subtitusi yang kuat dan luas, bagus dari menu dan merek. 

dikaji perekonomian Indonesia yang sedang mengalami krisis semakin mempersulit perusahaan yang bergerak dalam industri restoran fast food franchise untuk bisa bersaing bagus melalui produknya, harga, distribusi ataupun promosinya. Melemahnya nilai Rupiah menyebabkan kenaikan harga bahan baku dan operasi perusahaan yang memaksa perusahaan untuk menaikkan harga produknya. Dan bagi perusahaan yang mempunyai hutang jangka pendek dalam dollar akan mengalami kesulitan pembayaran. dikaji hal yang demikian diperparah dengan terjadinya gejolak politik yang mengakibatkan kerusuhan dimana-mana. Hal ini berdampak langsung kepada industri restoran fastfood franchise, banyak outlet mereka mengalami kerusakan parah bahkan terbakar, tak sedikit perusahaan yang terpaksa menutup outletnya. KFC merupakan restoran cepat saji franchise yang hak eksklusif waralabanya dipegang oleh PT.Fast Food Indonesia. KFC menjadi pemimpin pasar restoran cepat saji yang dominan di Indonesia selama 20 tahun sejak tahun 1979. KFC menspesialisasikan pada menu ayam goreng dan memposisikan dirinya sebagai ‘Jagonya ayam’. 

Segmen KFC yakni keluarga segala usia dengan pengeluaran diatas Rp.500.000 tiap bulannya dan target fokusnya yakni anak-anak usia 3 s/d 14 tahun.Dalam dikaji perekonomian yang sedang mengalami krisis ini KFC sebagai market leader mengaplikasikan strategi moble defense yaitu strategi pertahanan bergerak Dalam dikaji bertahan dengan cara meningkatkan penjualan dan menekan biaya, KFC tetap Mengerjakan perluasan pada pasar yang potensial sebagai pertahanan ataupun penyerangan dimasa depan. 

Strategi promosi dan pemasaran diarahkan untuk meningkatkan penjualan dan transaksi seketika itu juga, didukung dengan strategi produk berupa paket-paket hemat serta penetapan harga yang relatif lebih murah diperbandingkan dengan pesaingnya dan distribusi melalui layanan pesan antar ditingkatkan dengan penambahan armada. Strategi-strategi hal yang demikian dijalankan untuk merealisasikan visi perusahaannya yaitu untuk mempertahankan kepemimpinannya dan agar diketahui sebagai brand yang paling digemari dalam usaha restoran cepat saji di Indonesia. 

KEUNGGULAN KFC diperbandingkan DENGAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL LAIN
KFC sebagai salah satu sdari perusahaan multinasional dalam perkembangannya mempunyai keunggulan dari perusahaan lain. Restoran KFC ini sendiri merupakan salah satu perusahaan yang sudahgo public atau Tbk (terbuka) yang bergerak di bidang restoran cepat saji yang menyajikanproduk ayam dan bermacam-macam produk lain yang terkait dengan produk ayam.Menu utama dari KFC ini yakni fried chicken atau ayam goreng yang merupakanproduk cepat saji yang hingga ketika ini terkenal di masyarakat karena mempunyaidaya tarik tersendiri dan mempunyai cita rasa yang berbeda dari produk cepat sajilain, sehingga KFC hampir tak pernah sepi pengunjung. Restoran KFC dalam hal pasar memperhatikan pangsa pasar karenasebagai tujuan KFC untuk menarik minat para konsumen, seperti menu KFC yang terdiri dari bermacam-macam paket dengan harga yang berbeda-beda. Hal ini untuk memudahkan para konsumen dalam memilih paket yang akan mereka beli,diantaranya paketbucket, combo,dan sebagainya. Selain itu, kegiatan promosi bertujuan untuk memperkenalkan produk baru KFC yang dipromosikan lewatiklan di televisi, media cetak (koran ataupun majalah) serta spanduk di jalan rayadan counter KFC agar para konsumen mengetahui produk baru yang dikeluarkan KFC sehingga memungkinkan konsumen ingin membelinya.