Sejarah Facebook

Sejarah Facebook – Facebook yakni sebuah layanan jejaring sosial dan situs web yang diluncurkan pada bulan Februari 2004 yang dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc. Pada Mei 2012, Facebook mempunyai lebih dari 900 juta pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan peralatan bergerak. Pengguna mesti mendaftar sebelum bisa menggunakan situs ini. Setelah itu, pengguna bisa membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna bisa bergabung dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti “Rekan Kerja” atau “Teman Dekat”. Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan tiap-tiap orang berusia minimal 13 tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini.

Sejarah Facebook
Sejarah Facebook



Sejarah Facebook
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, tanggal 28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun kedua. berdasarkan The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot or Not, dan menggunakan “foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah) daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi”.


Mark Zuckerberg membantu menciptakan Facebook di kamar asramanya di Harvard.
Mark Zuckerberg membantu menciptakan Facebook di kamar asramanya di Harvard.
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tak mempunyai “buku wajah” (direktori berisi foto dan informasi dasar) mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat jam pertama mengudara.

Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup kampus, namun dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard. Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta, dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman hal yang demikian dibatalkan.[16] Zuckerberg memperluas proyek mulanya ini pada semester hal yang demikian dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia membuka situs hal yang demikian kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi catatan.

Pada semester selanjutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash.[17] Pada 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan “The Facebook” yang mulanya berada di situs web TheFacebook.com.

Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan.[19] Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior hal yang demikian mengajukan tuntutan hukum kepada Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.

Keanggotaan mulanya dibatasi kepada mahasiswa Harvard College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004, Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia, dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT, dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.

Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg, diangkat sebagai presiden perusahaan.[25] Bulan Juni 2004, Facebook memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California.[22] Perusahaan ini mendapatkan investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri pendamping PayPal, Peter Thiel.[26] Perusahaan ini menghapus The dari namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005 dengan nilai $200.000.

sejarah epengguna aktif facebook
sejarah epengguna aktif facebook
Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook kemudian memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan, termasuk Apple Inc. dan Microsoft.Facebook kemudian dibuka tanggal 26 September 2006 kepada tiap-tiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas dengan alamat surel yang sah.

Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 milyar.[42] Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, berdasarkan SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 milyar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon. Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran biasa perdana pada 2013.

Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010. Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000 profil dari situs ini tiap-tiap hari atas berjenis-jenis macam alasan, termasuk spam, konten tak pantas dan pemakaian di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya mendorong keamanan siber.

Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor barunya, bekas kampur Sun Microsystems di Menlo Park, California. Statistik DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang paling banyak dikunjungi di dunia. Namun perlu diketahui bahwa Google dan sejumlah situs web tertentu tak dihitung dalam peringkat DoubleClick. berdasarkan studi Nielsen Media Research yang dirilis bulan Desember 2011, Facebook yakni situs web yang paling banyak diakses kedua di Amerika Serikat.

Pada bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center, sebuah toko bergerak daring yang menjual aplikasi yang terhubung dengan Facebook. Toko ini tersedia untuk pengguna web bergerak iPhone, Android. Pada bulan April, Facebook membeli aplikasi Instagram dengan nilai US$1 miliar.

Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang beroperasi di bidang penjelajahan sosial. Facebook, Inc. mengadakan penawaran biasa perdana pada tanggal 17 Mei 2012 dengan harga saham awal $38 per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104 miliar, nilai perusahaan biasa baru terbesar sepanjang sejarah. Setelah IPO, Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga dalam sejarah Amerika Serikat. Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan meski saham berusaha tetap berada di atas harga IPO sepanjang hari itu, jumlahnya mencetak rekor baru dalam hal volume perdagangan IPO. Beberapa hari setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission mulai menyelidiki pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa perkiraan pertumbuhan Facebook yang semakin lemah tak diungkapkan kepada seluruh pemegang saham.

Sejarah Perusahaan Facebook
beberapa besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft yakni rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan spanduk, dan Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris iklan Microsoft. berdasarkan comScore, sebuah perusahaan riset pemasaran Internet, Facebook memperoleh data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan Microsoft, namun sedikit kurang dari Yahoo!. Tahun 2010, tim keamanan Facebook mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko privasi pengguna. Pada 6 November 2007, Facebook meluncurkan Facebook Beacon yang kemudian menjadi usaha gagal untuk beriklan kepada teman pengguna menggunakan cara “apa yang dibeli teman”.

Facebook umumnya mempunyai tingkat klik (CTR) yang lebih rendah untuk iklan daripada situs-situs web besar lainnya. Untuk iklan spanduk, mereka mendapatkan seperlima jumlah klik di Facebook seandainya dibandingi dengan Web secara keseluruhan. Ini berarti bahwa persentase kecil pengguna Facebook mengklik iklan lebih banyak dibanding situs web lain. Misalnya, pengguna Google mengklik iklan pertama pada hasil pencarian dengan rata-rata 8% dalam satu waktu (80.000 klik untuk tiap-tiap satu juta pencarian), sementara pengguna Facebook mengklik iklan dengan rata-rata 0,04% dalam satu waktu (400 klik untuk tiap-tiap satu juta halaman).

Sarah Smith, dulunya Manajer Operasi Penjualan Daring Facebook, mengakui bahwa kampanye periklanan mereka mempunyai tingkat klik serendah 0,05% hingga 0,04%, dan tingkat klik untuk iklan cenderung menurun dalam dua minggu. Tingkat klik di jejaring sosial saingan, MySpace, seandainya dibandingi berkisar 0,1%, 2,5 kali lebih bagus dari Facebook tetapi masih rendah dibandingi dengan situs web lain. Penjelasan untuk tingkat klik Facebook yang rendah yakni bahwa pengguna Facebook lebih cerdas secara teknologi dan menggunakan perangkat pemblokiran iklan untuk menyembunyikan iklan, penggunanya lebih muda dan lebih pintar dalam mengabaikan pesan iklan. Di MySpace, pengguna menghabiskan lebih banyak waktu menjelajahi isinya, sementara di Facebook, pengguna menghabiskan waktu mereka berkomunikasi dengan teman dan perhatian mereka teralihkan dari iklan.
pendapatan Facebook
pendapatan Facebook
Di halaman merek dan produk, sejumlah perusahaan melaporkan tingkat klik setinggi 6,49% untuk kiriman Dinding. Involver, sebuah platform pemasaran sosial, mengumumkan pada Juli 2008 bahwa mereka berusaha memperoleh tingkat klik 0,7% di Facebook (10 kali lebih tinggi dari tingkat klik kampanye iklan Facebook) untuk klien pertamanya, Serena Software, yang berusaha mengubah 1,1 juta tampilan menjadi 8,000 kunjungan ke situs mereka. Studi menunjukkan bahwa untuk iklan video di Facebook, hampir 40% pengguna yang mengamati video hal yang demikian menyaksikan keseluruhannya, sementara rata-rata industri yakni 25% untuk iklan video spanduk.

Facebook mempunyai lebih dari 1.700 karyawan dan kantor di 12 negara. Mengenai kepemilikan Facebook, Mark Zuckerberg mempunyai 24% saham perusahaan, Accel Partners 10%, Digital Sky Technologies 10%, Dustin Moskovitz 6%, Eduardo Saverin 5%, Sean Parker 4%, Peter Thiel 3%, Greylock Partners dan Meritech Capital Partners antara 1 – 2% masing-masing, Microsoft 1.3%, Li Ka-shing 0.75%, Interpublic Group kurang dari 0.5%, sekelompok kecil karyawan dan bekas karyawan serta selebriti masing-masing mempunyai kurang dari 1%, termasuk Matt Cohler, Jeff Rothschild, Adam D’Angelo, Chris Hughes, dan Owen Van Natta, sementara Reid Hoffman dan Mark Pincus mempunyai kepemilikan yang agak besar di perusahaan ini, dan 30% sisanya dimiliki oleh karyawan, sejumlah selebriti, dan investor asing. Adam D’Angelo, kepala bidang teknologi dan teman Zuckerberg, mengundurkan diri pada Mei 2008. Beberapa laporan mengklaim bahwa ia dan Zuckerberg mulai bertengkar, dan ia tak lagi tertarik dengan kepemilikan perusahaan ini.

Pada 15 November 2010, Facebook mengumumkan bahwa mereka telah memperoleh FB.com dari American Farm Bureau Association dengan nilai yang tak disebutkan. Pada 11 Januari 2011, Farm Bureau mengumumkan “pendapatan penjualan ranah” sebesar US$8,5 juta, sehingga pembelian FB.com menjadi satu dari sepuluh penjualan ranah termahal sepanjang sejarah.

Situs web Facebook
Halaman utama Facebook menampilkan formulir log masuk di kanan atas untuk pengguna terdaftar, dan formulir pendaftaran di bawahnya untuk pengunjung baru.

Pengguna bisa membuat profil dilengkapi foto, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain. Pengguna bisa berkomunikasi dengan teman dan pengguna lain melalui pesan pribadi atau biasa dan fitur obrolan. Mereka juga bisa membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan “halaman kesukaan” (dulu disebut “halaman penggemar” hingga 19 April 2010), beberapa di antaranya diurus oleh banyak organisasi dengan maksud beriklan.

Untuk mencegah keluhan tentang privasi, Facebook mengizinkan pengguna mengatur privasi mereka dan memilih siapa saja yang bisa mengamati bagian-bagian tertentu dari profil mereka. Situs web ini gratis untuk pengguna dan mengambil keuntungan melalui iklan seperti iklan spanduk. Facebook membutuhkan nama pengguna dan foto profil (seandainya ada) agar bisa diakses oleh tiap-tiap orang. Pengguna bisa mengatur siapa saja yang bisa mengamati informasi yang mereka bagikan, juga menemukannya melalui pencarian dengan memanfaatkan pengaturan privasi.
Profil Facebook tahun 2011.
Profil Facebook tahun 2011.

Media sering memperbandingkan Facebook dengan MySpace, namun satu perbedaan utama di antara kedua situs hal yang demikian yakni tingkat kustomisasinya. Perbedaan lainnya yakni persyaratan Facebook agar pengguna bisa mengatur identitas asli mereka, dan langkah hal yang demikian tak diterapkan di MySpace. MySpace mengizinkan pengguna mendekorasi profil mereka menggunakan HTML dan Cascading Style Sheets (CSS), sementara Facebook hanya mengizinkan teks mentah. Facebook mempunyai sejumlah fitur yang bisa berinteraksi dengan pengguna. Salah satunya yakni Dinding, kotak di tiap-tiap halaman profil pengguna yang mengizinkan teman mereka mengirimkan pesan kepada pengguna hal yang demikian; Colek, yang memungkinkan pengguna mengirimkan “colekan” virtual satu sama lain (pemberitahuan memberitahu pengguna bahwa mereka telah dicolek); Foto, tempat pengguna bisa mengunggah album dan foto; dan Status, yang memungkinkan pengguna untuk memberitahukan teman mereka mengenai keberadaan dan tindakan mereka dikala itu. Tergantung pengaturan privasinya, tiap-tiap orang yang bisa mengamati sebuah profil pengguna bisa juga mengamati Dinding pengguna. Bulan Juli 2007, Facebook mulai mengizinkan pengguna mengirimkan lampiran di Dinding, berbeda dari Dinding sebelumnya yang terbatas pada konten teks saja.

Sepanjang waktu, Facebook menambahkan fitur ke situsnya. Pada 6 September 2006, News Feed diluncurkan yang ditempatkan di tiap-tiap halaman utama pengguna dan memberitahukan informasi seperti perubahan profil, acara selanjutnya, dan ulang tahun teman pengguna. Hal ini memungkinkan pengirim spam dan pengguna lain memainipulasi fitur-fitur hal yang demikian dengan membuat acara bohong atau ulang tahun bohong demi menarik perhatian ke profil atau kampanye hal yang demikian.[96] mulanya, News Feed memunculkan ketidakpuasan di antara pengguna Facebook; sejumlah di antaranya mengeluh karena terlalu berantakan dan penuh dengan informasi yang tak perlu, sementara pengguna lain menganggapnya mudah bagi pengguna untuk melacak kegiatan seseorang (seperti perubahan status hubungan, acara, dan percakapan dengan pengguna lain).

Sebagai respon, Zuckerberg mengirimkan permintaan maafnya atas kegagalan situs ini untuk memasukkan fitur privasi yang bisa diatur sendiri. Sejak itu, pengguna mulai mendapat kontrol kepada Macam-Macam informasi apa saja yang bisa dibagikan secara otomatis kepada teman. Sekarang pengguna mampu mencegah sekelompok teman mengamati pembaruan kegiatan-aktivitasnya seperti perubahan profil, kiriman Dinding, dan teman yang baru ditambahkan.

Tanggal 23 Februari 2010, Facebook diberikan paten kepada serangkaian aspek News Feed-nya. Paten ini mencakup News Feed ketika pranala dikirimkan sehingga satu pengguna bisa berpartisipasi dalam kegiatan yang sama seperti pengguna lain. Paten ini mendorong Facebook untuk mengambil tindakan kepada situs-situs yang melanggar patennya, seperti Twitter.

Salah satu aplikasi paling populer di Facebook yakni Foto, tempat pengguna bisa mengunggah album dan foto. Facebook mengizinkan pengguna untuk mengunggah foto dalam jumlah tak terbatas, dibandingi layanan penyimpanan gambar seperti Photobucket dan Flickr yang membatasi jumlah foto yang bisa diunggah seseorang. Pada tahun-tahun pertamanya, pengguna Facebook dibatasi untuk mengunggak 60 foto per album. Pada Mei 2009, batas ini dinaikkan menjadi 200 foto per album.

Pengaturan privasi bisa diatur untuk album individu yang membatasi kelompok pengguna yang bisa melihatnya. Misalnya, privasi suatu album diatur sedemikian rupa sehingga hanya teman pengguna yang bisa melihatnya, sementara privasi album lain diatur sehingga segala pengguna Facebook bisa melihatnya. Fitur lain dari aplikasi Foto yakni kemampuannya untuk “tag”, atau menandai pengguna di sebuah foto. Misalnya, seandainya sebauh foto berisi seorang teman pengguna, maka pengguna bisa menandai temannya di foto hal yang demikian. Tindakan hal yang demikian mengirimkan pemberitahuan kepada teman yang ditandai dan memberikan mereka tautan untuk mengamati foto hal yang demikian.