Sejarah Dan Perkembangan Microsoft Word

Sejarah Dan Perkembangan Microsoft Word – Microsoft Word yakni aplikasi perangkat lunak pengolah kata dengan tampilan halaman virtual yang menyerupai halaman kertas, pabrikan Microsoft yang merupakan bagian dari seperangkat aplikasi perangkat lunak untuk keperluan perkantoran Microsoft Office yang digunakan di lingkungan (platform) sistem operasi Microsoft Windows. 

Sejarah Microsoft Word
Sejarah Microsoft Word tentu mengikuti sejarah keseluruhan Microsoft Office. Oleh karena itu, bijaksana apabila dipaparkan terlebih dahulu sejarah Microsoft Office dari masa ke masa. Sebelumnya, perlu diketahui bahwa hampir mustahil untuk sebuah aplikasi besar seperti Word untuk ditulis seorang programmer saja. Oleh karena itu, nama-nama programmer yang terlibat tak pernah dipublikasikan karena mereka tergabung dalam Tim Pengembangan aplikasi hal yang demikian. 

Untuk alasan itulah, cukup apabila kita mengetahui bahwa Word yakni hasil karya Microsoft yang didukung oleh kecerdasan pendiri, C.E.O (Direktur) dan pemiliknya, William Bill Gates III. Bill Gates mendirikan perusahaan Microsoft pada 4 April 1975 bersama Paul Allen. Microsoft mulai mengenalkan perangkat lunak perkantorannya, Microsoft Office, pada tahun 1990. Kini Microsoft Bussiness.

Sejarah Dan Perkembangan Microsoft Word
Sejarah Dan Perkembangan Microsoft Word

Division, bagian dari Microsoft untuk bidang bisnis, menangani produksi dan pengembangan produk-produk Office (termasuk Word).  Microsoft Office yakni sebutan untuk paket aplikasi perkantoran buatan Microsoft dan dirancang untuk dijalankan di bawah sistem operasi Windows. Beberapa aplikasi di dalam Microsoft Office yang terkenal antara lain Word, Excel, PowerPoint, Groove, Access, Publisher dan OneNote. Microsoft Office untuk Windows dimulai pada bulan Oktober 1990 sebagai paket dari tiga aplikasi yang dirancang untuk Microsoft Windows 3.0: Microsoft Word untuk Windows 1.1, Microsoft Excel untuk Windows 2.0, dan Microsoft PowerPoint untuk Windows 

2.0. Lalu setelah populer, pada tahun 1995 Microsoft kembali meluncurkan aplikasi kantoran ini dengan versi 1995 bersama dengan OS Windows 95-nya. Pada sistem operasi ini Microsoft merombak total Windows versi 3.1 dan Windows 3.11 for Workgroup, perubahan yang cukup signifikan dalam sejarah sistem operasi PC dikala itu. 

Sejalan dengan perkembangan sistem operasi Microsoft Windows, Microsoft Office sendiri terus berkembang dan semakin mapan dan terus digandrungi serta digunakan oleh beberapa besar masyarakat komputer di dunia, termasuk di Indonesia. hingga pada tahun 2000-an Microsoft sudah meluncurkan beberapa versi Microsoft Office dan hingga dikala ini masih tetap digunakan sebagai andalan aplikasi perkantoran modern. Beberapa versi dari Microsoft Office yang masih banyak digunakan dikala ini antara lain Microsoft Office 2000, Microsoft Office XP (2002), Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010 dan yang terakhir hingga sekarang yakni Microsoft Office 2013. 


3.1. Sejarah Microsoft Office 

1. Microsoft Office 3.0 
Microsoft Office 3.0 dirilis pada bulan Agustus 1992, berisi Word 2.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail 3.0. Ini yakni versi pertama Office yang juga dirilis pada CD-ROM. Pada tahun 1993, Microsoft Office Professional dirilis, yang ditambahkan Microsoft Access 1.1. 


2. Microsoft Office 4.0, 4.1, 4.2 
Microsoft Office 4.0 dirilis berisi Word 6.0, 4.0 Excel, PowerPoint 3.0 dan Mail. Word kala itu disebut Word 6.0. 

3. Microsoft Office 95 
Dirilis pada bulan Agustus 1995. Sekali lagi, nomor versi yang diubah untuk menciptakan paritas di paket – tiap program yang disebut versi 7.0 Selain Word. Ia dirancang sebagai sebuah versi 32-bit sepenuhnya cocok dengan Windows 95. Office 95 tersedia dalam dua versi, Office 95 Standard dan Office 95 Professional. Versi standar terdiri dari Word 7.0, Excel 7.0, 7.0 PowerPoint, dan Schedule + 7.0. Edisi profesional berisi segala item dalam versi standar ditambah Access 7.0. kalau versi profesional dibeli dalam wujud CD-ROM, juga termasuk Bookshelf. 

4. Microsoft Office 97 
Versi ini dirilis dengan banyak fitur dan pengembangan diperbandingkan versi sebelumnya. Pengenalan kepada command bar, sesuatu hal yang baru dimana menu dan toolbar dijadikan lebih mirip dengan visual design-nya. Office 97 juga mempunyai fitur alami Language System dan Sophisticated Grammar Checking. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan Office Assistant. 

5. Microsoft Office 2000 
Pada versi ini banyak opsi – opsi disembunyikan. Tentunya opsi hal yang demikian juga penting, tetapi kecil penggunaannya oleh orang awam. kalau ingin digunakan opsi ini bisa dimunculkan, salah satunya yakni Macro (karena bisa menyebarkan virus macro). Office 2000 yakni versi terakhir yang bisa dijalankan di Windows 95. 

6. Microsoft Office XP (2002) 
Dirilis bersamaan dengan Windows XP, dan merupakan upgrade besar dengan bermacam perangkat tambahan dan perubahan atas Office 2000, Office XP memperkenalkan fitur Safe Mode, yang memungkinkan aplikasi seperti Outlook untuk boot kalau dinyatakan mungkin gagal. Office Safe Mode memungkinkan untuk mendeteksi dan memperbaiki atau memotong sumber masalah, seperti registry yang atau add-in yang rusak. Smart Tag yakni sebuah teknologi yang diperkenalkan dengan Office XP. Beberapa SmartTag beroperasi berdasarkan kegiatan pengguna, seperti membantu dengan kekeliruan mengetik. Tag ini pintar yang disertakan dengan produk, dan tak diprogram. Dalam Office XP, SmartTag bisa bekerja hanya dalam Word dan Excel. Microsoft Office XP juga memasukkan perintah suara terintegrasi dan kesanggupan dikte teks, serta pengenalan tulisan tangan. Office XP yakni versi terakhir untuk mensupport Windows 98, ME dan NT 4.0. 

7. Microsoft Office 2003 
cocok namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua aplikasi baru juga ada yaitu, Microsoft InfoPath dan OneNote. Ini versi yang pertama kalinya menggunakan gaya Windows XP beserta Icon-nya. Outlook 2003 memberikan fungsi yang telah berkembang seperti Kerberos authentication, RPC over HTTP, dan Cached Exchange Mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk mail yang telah dimaksimalkan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mensupport Windows 2000. Versi ini juga merupakan versi yang paling banyak dipakai di Indonesia terutamanya untuk Rental dan Warnet dalam kurun waktu terakhir 2009. 

8. Microsoft Office 2007 
Dirilis pada tahun 2007. Fitur baru Office 2007 ini termasuk antarmuka pengguna grafis baru yang disebut Fluent User Interface, menggantikan menu dan toolbar yang telah menjadi landasan Office sejak awal dengan toolbar tab, yang diketahui sebagai Ribbon (pita); format baru file berbasis XML yang disebut Open Office XML, dan masuknya Groove, aplikasi perangkat lunak kolaboratif. 

9. Microsoft Office 2010 
Diselesaikan pada tanggal 15 April 2010, dan dijadikan tersedia bagi konsumen pada tanggal 15 Juni 2010. Office 2010 diberi nomor versi 14,0, untuk menghindari nomor versi 13.0 karena takhayul yang berhubungan dengan nomor tiga belas. Fitur utama dari Office 2010 termasuk menu file background, alat-alat kolaborasi baru, Ribbon yang bisa disesuaikan keinginan pengguna, memandang file dalam mode terlindung (tak bisa mengedit, hanya membaca) dan panel navigasi baru. Microsoft Office 2010 juga dilengkapi dengan logo baru, yang mirip dengan logo 2007, Selain berwarna emas, dan dengan wujud yang sedikit dimodifikasi. 

10. Microsoft Office 2013 
Diluncurkan hampir bersamaan dengan peluncuran Windows 8, versi terbaru Office ini tak jauh berbeda dari pendahulunya dalam hal fungsi. Secara keseluruhan, tak ada perbedaan mencolok Selain penampilannya yang menyesuaikan platform Windows 10. 

3.2. Sejarah Perkembangan Microsoft Word 
Karena telah didapat gambaran besar sejarah dan perkembangan Microsoft Office, Sejarah Microsoft Word berikut ini akan memaparkan Perkembangan-perkembangan Microsoft Word dalam soal fitur-fitur yang berubah. 

Mengingat versi yang paling sering dipakai yakni MS Office 2003, Meskipun yang terbaru yakni MS Office 2013, maka Sejarah perkembangan MS Word akan dipaparkan dari seri-seri hal yang demikian. Pemaparan sejarah perkembangan Microsoft Word akan ditampilkan dalam tabel. Karena alasan kepraktisan berupa kesamaan yang banyak dimiliki oleh MS Word 2010 dan 2013, kedua aplikasi ini digabungkan dalam satu kolom. 

3.2.1. Sejarah Perkembangan Microsoft Word             
No
Kriteria
MS Word 2003
MS Word 2007
MS Word
2010/2013
1.
Desain
Desain sungguh-sungguh kompleks dengan banyak sekali menu
Desain intuitif cocok proses penulisan laporan dari kiri ke kanan
Ribbon
Desain intuitif cocok dengan proses penulisan laporan dari kiri
ke kanan Ribbon
2.
Antarmuka
Tampilannya menyerupai
Windows XP.
Tampilan menyerupai
Windows 7.
Tampilan menyerupai
Windows 8.
3.
Menu
mempunyai 9 menu
utama yaitu, File, Edit, View,
Mempunyai menu
utama yang beragam, mulai
Menu utamanya
terdiri atas Home, Insert, Design,


Insert, Format, Tools, Table, Window, dan Help.
dari 7, 8 , atau 9. Namun standar menyatakan bahwa MS 2007
mempunyai 7 buah menu utama yaitu menu Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan
View
Page Layout, References, Mailings, Review, dan View dan Contextual Tab yang timbul cocok fungsi yang sedang dijalankan pengguna.
4.
Menu
Untuk MS word 2003, pada dikala mengklik menu utama maka akan timbul menu cascading.
Untuk MS Word 2007, dikala menu utama diklik langsung timbul ikon-ikon yang disebut dengan ribbon.
Untuk MS Word 2010, dikala menu utama diklik langsung timbul ikon-ikon yang disebut dengan ribbon, sperti
untuk MS 2007.
5.
Fasilitas
Fasilitasnya masih kurang lengkap
Fasilitas lebih lengkap dari versi sebelumnya.
Fasilitas didalamnya sungguh-sungguh lengkap sekarang ini karena word 2010lah yang versinya sungguh-sungguh tinggi pada dikala
sekarang ini
6.
Office Button
tak terdapat office button
ada tombol bulat di pojok kiri atas yang beberapa besar gunanya menggantikan fungsi menu File, yang disebut
office button.
Office Button dikembalikan ke Menu File dengan fungsi yang hampir sama dengan Office Button
7.
Quick Access
Toolbar
tak ada quick acces toolbar.
Ada quick acces toolbar.
Ada quick acces toolbar.


8.
Preview
tak mempunyai preview dari tiap icon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor di icon
hal yang demikian.
mempunyai preview dari tiap icon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor di icon hal yang demikian.
mempunyai preview dari tiap icon tentang pengaturan halaman apabila kita dekatkan kursor di icon hal yang demikian
9.
Title-Bar
Title Bar-nya Berlokasi di pojok kiri atas setelah ikon control
menu.
Title Bar-nya Berlokasi tepat di bagian tengah atas
Title Bar-nya Berlokasi tepat di bagian tengah atas, layaknya MS
2007
10.
Toolbar
Toolbar-nya ditampilkan
secara horizontal
Toolbar-nya ditampilkan
secara vertikal
Toolbar-nya ditampilkan
secara vertikal
11.
Loading
Loadingnya lebih lama dari ms word 2007 dan
2010.
Loadingnya lebih cepat dari office sebelumnya.
dikala pertama kali dijalankan Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan
2 detik untuk masuk ke lembar kerja. Meskipun untuk penggunaan ke-2 dan seterusnya, Microsoft Office 2010 hanya membutuhkan sepersekian detik untuk load ke
lembar kerja.
12.
Format File
Menghasilkan format *.doc. tetapi tak bisa membaca format dari MS Word 2007 dan 2010
(*.docx).
bisa membaca segala file dari segala versi office yang ada, meskipun bisa terjadi perubahan yang tak
diinginkan
bisa membaca segala file dari segala versi office yang ada dan mampu menyimpan langsung dalam
wujud *.pdf (file


apabila membaca format *.docx keluaran MS
Word 2010.
portable yang siap cetak).
13.
Ukuran File
Ukuran file lebih besar.
Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil.
Ukuran file yang dihasilkan lebih kecil diperbandingkan
versi sebelumnya.
14.
Gaya Tulisan (font).
Menyediakan bermacam gaya tulisan yang akan memperindah tampilan naskah
Gaya tulisan yang lebih banyak dan terbaru.
Gaya tulisan yang semakin bervariasi dan juga tetap ada gaya tulisan dari
office 2007.
15.
Pengaturan Naskah
Pengaturan naskah relatif mudah.
Pengaturan naskah lebih mudah kalau sudah menguasai office 2007. Tetapi bagi pemula cukup
sulit.
Pengaturan naskah lebih mudah kalau sudah menguasai office 2007. Tetapi bagi pemula cukup
sulit.
16.
Smart Art
tak terdapat SmartArt.
Smartart yakni semacam kumpulan template grafis yang mudah
digunakan.
Terdapat smartart.
Office 2010 memberikan SmartArt dan Template baru plus koleksi sebelumnya dari Office 2007.
17.
Template
Template yang disajikan / disodorkan masih
standar.
Template yang digunakan pada MS 2007 sudah
mulai beragam.
Template baru plus koleksi sebelumnya dari
MS 2007.
18.
Image
bisa menyisipkan gambar/image
kedalam naskah.
bisa menyisipkan gambar/image
kedalam naskah.
bisa menyisipkan gambar/image
kedalam naskah.
19.
Equation
tak bisa menggunakanequ ation untuk
menulis rumus.
Ada fasilitas untuk menggunakan equ
Ada fasilitas untuk menggunakan equ


ation untuk
menulis rumus.
ation untuk
menulis rumus.
20.
Blogging
tak bisa mempublish
tulisan ke blog
bisa mempublish tulis
an ke blog.
bisa mempublish tulisa
n ke blog.
21.
Referensi
tak menyediakan fitur untuk mengelola Referensi dalam menulis makalah.
Tersedia fitur pengelola Referensi yang bisa membuat Daftar Isi dan Daftar Pustaka
secara otomatis.
Tersedia fitur pengelola Referensi yang sama seperti yang terdapat di Word 2007.
22.
Save-as
Save as yang
Sudah mulai ada
Save as lebih
dimiliki masih
perkembangan
variatif. Mampu
simple, dan
untuk save as-
menyimpan
terkesan apa
nya, kita bisa
dokumen menjadi
adanya.
menyimpan file
format PDF, XPS
dengan pilihan
(portable online),
word document,
ODT
word template,
(OpenOffice)
word 97-2003
secara langsung.
document.
Format PDF dan
XPS hanya bisa
difungsikan
dengan add-ons
(aplikasi
tambahan).
23.
Saving
Menyimpan file
Menyimpan file
Menyimpan file
untuk web sedikit
untuk web terasa
untuk web terasa
lebih simple
lebih kompleks
lebih mudah dan
dibanding MS
dibanding pada
intuitif dibanding
2007.
edisi sebelumnya
pada edisi yang
bagi yang belum
sebelum-
terbiasa.
sebelumnya.

3.2.2. Beberapa Perbedaan (Perkembangan) dalam hal Tampilan Grafis 
Perbedaan antarmuka Microsoft Word ditampilkan dan diperbandingkan dalam makalah ini yakni seri Word dari paket Microsoft Office 4.0, Microsoft Office 2003, Microsoft Office 2007, Microsoft Office 2010 dan Microsoft Office 2013. 

Gambar 1. MS Word 4.0
Gambar 1. MS Word 4.0 

Gambar 2. Menu “Cascading” dalam MS Word 2003
Gambar 2. Menu “Cascading” dalam MS Word 2003

Gambar 1 menunjukkan wujud awal MS Word versi 4.0. Perubahan dalam antarmuka Windows (dari Windows 95 hingga Windows XP) menuntut penyesuaian dalam antarmuka MS Word 2003 sebagaimana ditampilkan Gambar 2. Ikon menjadi lebih cantik dan beragam, dengan banyak fungsi baru. 

Tampak terang perubahan yang sungguh-sungguh drastis dari penampilan MS Word 2003 dan MS Word 2007. Menu ditampilkan tak lagi “cascading” tetapi ditampilkan dalam “Ribbon” dengan Tab-tab untuk kelompok fungsi yang berbeda (Home, Insert, Page Layout, Review, View .dsb). Terlebih lagi, di dalam Tab-tab hal yang demikian terdapat group-group yang berbeda untuk fungsi yang lebih rinci dengan banyak sekali ikon yang berbeda-beda. Ini seperti menampilkan segala menu yang dulu tersembunyi di dalam Menu Cascading versi 2003 dan sebelumnya dan mengandalkan keterbiasaan pengguna pada ikon-ikon hal yang demikian seolah pengguna diharapkan sudah hafal dengan makna dari tiap ikon yang tersedia. Akan tetapi, pengguna awal tak perlu khawatir karena mouseover pada ikon akan memunculkan penjelasan kegunaannya, meskipun dalam Bahasa Inggris. Berikut yakni tampilan isi masing-masing Tab dalam MS Word 2007.