Sejarah 6 Perang Terpendek Di Dunia

Sejarah 6 Perang Terpendek Di Dunia – Kebanyakan perang terkenal dalam sejarah berlangsung selama bertahun-tahun. Namun, ternyata tak sedikit yang berkobar dalam kurun waktu yang singkat. 

Sengketa perbatasan, rivalitas dalam bidang tertentu, permusuhan lama, dan sebagainya telah memicu pecahnya konflik bersenjata yang bisa terjadi dalam batas waktu tak terduga. Pernah dalam satu kasus, perang berakhir dalam waktu kurang dari satu jam. 

Terlepas dari durasi, tingkat kerusakan, dan jumlah korban, namun perang tetaplah perang yang penting secara historis. Seperti dikutip dari Ranker.com : 
1. Perang Anglo-Zanzibar, 46 Menit
Belum banyak yang tahu mungkin bahwa perang pernah terjadi dalam rentang waktu 38 hingga 46 menit! Pertempuran hal yang demikian berlangsung antara Inggris dan Zanzibar pada 27 Agustus 1896. 
Perang Anglo-Zanzibar, 46 Menit
Perang Anglo-Zanzibar, 46 Menit

Perang pecah setelah Sultan Hamad bin Thuwaini dari Pulau Zanzibar yang bekerja sama dengan pemerintah kolonial Inggris meninggal dunia. Sementara, keponakannya yang seorang nasionalis, Khalid bin Bargash merebut kekuasaan. 

2. Invasi Anjouan, Dua Hari 

Invasi Anjouan dimulai pada 25 Maret 2008 setelah sebuah serangan dilancarkan kepada Pulau Anjouan, salah satu pulau di Komoro. Pasukan yang dipimpin Komoro dan dibantu oleh tentara Uni Afrika, Sudan, Tanzania, Senegal dan Libya berusaha menggulingkan Kolonel Mohamed Bacar yang menolak menyerahkan jabatannya setelah pemilu tahun 2007. 

Invasi Anjouan, Dua Hari


Dengan pasukan gabungan hal yang demikian, kelompok Bacar yang terdiri dari 500 pasukan bisa dikalahkan dalam waktu dua hari saja! Tiga pasukannya dikabarkan tewas, sementara Bacar berhasil melarikan diri dengan sebuah kapal cepat. 

3. Operasi Desert Sabre, 100 Jam 

Operasi Desert Sabre
Operasi Desert Sabre


Ketika perang udara melawan pasukan Irak yang menduduki Kuwait berlangsung selama beberapa bulan, perang darat justru berakhir jauh lebih cepat. Peristiwa yang diketahui dengan kode Operasi Desert Sabre ini terjadi dalam kurun 100 jam. Korban tewas di pihak Amerika Serikat mencapai 130 orang.
4. Perang Sepak Bola, 100 Jam 
diketahui dengan sebutan Perang Sepak Bola atau Perang 100 Jam, pertempuran pecah di antara El Salvador dan Honduras pada Juli 1969. Penyebabnya yaitu keadaan sulit ekonomi, lebih-lebih imigrasi dari El Salvador ke Honduras. 


5. Aneksasi India atas Goa, Dua Hari 

Aneksasi India di Goa pada tahun 1961 merupakan sebuah perang singkat yang terjadi antara Negeri Hindustan dan Portugal atas eksklavasi Goa, Daman dan Diu, yang semuanya dipegang oleh Portugal sebagai sisa-sisa kekuasaan kolonial. 
6. Perang Libya-Mesir, Tiga Hari 
Perang yang berlangsung antara Libya dengan Mesir dipicu sengketa perbatasan. Konflik bersenjata terjadi selama tiga hari pada Juli 1977.  Permusuhan Libya dan Mesir telah terjadi cukup lama. Perang pecah ketika petugas penjaga perbatasan Mesir menembak seorang demonstran Libya.